Banyak Koperasi Tidak Sehat, Pemkab Situbondo Tingkatkan Pembinaan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Agu 2023 11:06 WIB

Banyak Koperasi Tidak Sehat, Pemkab Situbondo Tingkatkan Pembinaan

i

Seminar dan Sarasehan Koperasi di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis (3/8/2023).

SURABAYAPAGI.COM, Situbondo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Situbondo melalui Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) berkomitmen untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) perkoperasian di wilayah setempat.

Kepala Diskoperindag Kabupaten Situbondo, Edy Wiyono mengatakan bahwa sebanyak 299 dari 754 koperasi yang ada di Kabupaten Situbondo dinyatakan tidak sehat. Sehingga dari jumlah itu, ada sebanyak 455 koperasi yang masih beroperasi dengan kondisi yang berbeda.

Baca Juga: Bupati Situbondo Panen Padi Varietas Unggul Baru

Menurutnya, salah satu indikator koperasi sehat, yakni melaksanakan rapat anggota tahunan atau RAT. Namun saat ini masih banyak koperasi tidak melaksanakan RAT.

“Koperasi di Kabupaten Situbondo keseluruhan berjumlah 754 tetapi tidak semua itu sehat. Yang sehat ada sekitar 455 koperasi. Diskoperindag selaku pembina koperasi selalu melakukan pembinaan bersama Forkopimda, baik kepada koperasi yang sehat maupun tidak sehat,” kata Edy, Kamis (3/8/2023).

Selain itu, Edy mengungkapkan masih banyaknya koperasi yang tidak sehat dikarenakan tugas dan wewenang Diskoperindag hanya mendata dan membina koperasi, bukan mengawasi.

"Banyak koperasi ketika jaya, Diskoperindag saja dibatasi untuk masuk. Sedangkan kalau saat terpuruk, baru minta bantuan pemerintah kabupaten, dalam hal ini Diskoperindag. Kalau sudah seperti itu, baru kami lakukan pembinaan," ujarnya.

Di samping itu, ia menilai, penyebab 299 koperasi tidak sehat dikarenakan perlunya peningkatan sumber daya manusia atau SDM pengurus atau pengelola koperasi itu sendiri.

Baca Juga: Rekapitulasi Pemilu Tingkat Kecamatan di Situbondo Ditunda

Maka dari itu, guna menciptakan kader-kader muda profesional di bidang koperasi, Diskoperindag Kabupaten Situbondo menggelar Seminar atau Sarasehan Koperasi di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis (3/8/2023). Kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-76.

"Hari ini kami menggelar seminar perkoperasian dengan mengundang perwakilan pengelola koperasi yang terdata di Diskoperindag," tuturnya.

Sarasehan dan seminar dengan tema ”Koperasi Kuat, Rakyat Berdaulat, Indonesia Hebat, Ayo Berkoperasi” itu diharapkan dapat meningkatkan jati diri koperasi di kalangan milenial.

Baca Juga: Mobil Warga Situbondo Dibakar OTK

“Seminar atau sarasehan koperasi ini untuk membangun jiwa wirausaha dan relativitas terhadap peluang usaha. Selain itu untuk meningkatkan jati diri koperasi di kalangan milenial guna untuk mempersiapkan generasi muda sehingga menjadi koperasi profesional dan mempunyai kemampuan serta wawasan luas tentang pendidikan koperasi,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan mengatakan, dalam rangka mewujudkan misi Pemkab Situbondo, khususnya untuk meningkatkan SDM dan pemberdayaan perempuan, Pemkab Situbondo sudah memberikan pelatihan kepada koperasi-koperasi yang sehat.

"Kita berharap dari pelatihan-pelatihan yang sudah dilakukan, mereka bisa menjadi tenaga-tenaga yang profesional dalam pengelolaan koperasi sehingga kejayaan-kejayaan koperasi kita di masa lalu ini bisa bangkit kembali dengan situasi dan kondisi yang baru,” ujar Wawan. stb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU