Barantin Apresiasi Komoditas Ikan dan Nanas Asal Lampung Tembus Pasar Global

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Nov 2023 12:12 WIB

Barantin Apresiasi Komoditas Ikan dan Nanas Asal Lampung Tembus Pasar Global

i

Buah nanas segar asal Lampung yang diekspor ke Cina. SP/ LMP

SURABAYAPAGI.com, Lampung - Para petani, nelayan, dan pelaku usaha asal Lampung berhasil menembus pasar global dengan tren peningkatan volume yang signifikan lantaran mematuhi persyaratan ekspor. 

“Kami selaku otoritas karantina siap untuk memberikan pendampingan pemenuhan persyaratan teknisnya,” jelas Kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin) Sahat M Panggabean, Jumat (10/11/2023).

Hal tersebut diketahui dari ekspor buah nanas segar sebanyak 4,18 ribu ton dengan nilai ekonomi senilai Rp 39,8 miliar ke China, dan komoditas perikanan sejumlah 88 ton dengan nilai Rp 15,2 miliar tujuan Amerika Serikat dan Jepang.  

Dari data yang dilansir dari sistem otomasi, IQFAST (Indonesian Quarantine Full Automation System) Badan Karantina Pertanian, tercatat peningkatan yang signifikan baik frekuensi, volume dan nilai ekspor. 

Sementara, lonjakan terbesar, khususnya di nilai ekspor yang mencapai peningkatan sebesar 35,65 persen dari tahun sebelumnya atau  senilai Rp 67,99 miliar. 

Sahat menyoroti pentingnya "tracebility" atau ketertelusuran komoditas pertanian dan perikanan. Menurutnya, pemerintah terus mendorong supaya ekspor terus meningkat sehingga ekonomi di masyarakat berjalan. 

"Konsep tracebility yang kita minta semua dokumen bisa kita trace sampai ke hulu. Hulu ini adalah masyarakat dan UMKM. Dari situ bisa kita pantau bahwa produk ini sesuai dengan apa yang kita bina. Untuk melakukan pendampingan dari hulu ke hilir. Kekuatan UMKM sangat kita butuhkan," ujarnya.

Sahat berharap pelaku usaha dapat melakukan pembinaan dalam konteks itu, baik pelaku UMKM atau sebagai partner. Intinya adalah ekonomi masyarakat di desa harus bergerak karena komoditas Indonesia sangat banyak, termasuk Lampung. 

Sebagai informasi, nanas asal Lampung baik berupa buah segar maupun olahan dari Lampung sudah menembus pasar ekspor ke 36 negara. Tak hanya itu, buah nanas juga dalam pembahasan eksportasi ke Selandia Baru dan Amerika Serikat. 

Dengan membuka pasar baru, maka semakin besar peluang produk pertanian, perkebunan, dan perikanan Indonesia lainnya menjangkau lebih banyak negara. lmp-03/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU