Bareskrim: Sambo, Sudah Nikah Siri dengan si Cantik

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Sep 2022 20:48 WIB

Bareskrim: Sambo, Sudah Nikah Siri dengan si Cantik

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Akhirnya pengacara keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak mengungkap dugaan motif Ferdy Sambo bunuh Brigadir J.

Menurut Kamaruddin, Brigadir J yang sudah menganggap Putri Candrawathi layaknya ibu sendiri pun mengadu soal pernikahan Ferdy Sambo dengan perempuan lain atau ia sebut dengan si cantik. "Joshua memberitahu kepada ibunya (soal pernikahan Ferdy Sambo). Karena Ibu Putri itu kan dianggap ibunya," tandas Kamaruddin.

Baca Juga: Dua Pelaku Pembunuhan di Pakis Berhasil Diringkus Satreskrim Polres Malang

Informasi Ferdy Sambo sudah menikah lagi dengan si cantik, kata Kamaruddin diketahui Putri Candrawathi dari ajudan kesayangannya yang sudah dianggap anak, yakni Brigadir J atau Yosua.

Sehingga, menurut Kamaruddin, Brigadir J diancam dibunuh sejak Juni 2022, oleh ajudan lain atas suruhan Ferdy Sambo, akibat telah membocorkan pernikahan siri Ferdy Sambo dengan perempuan lain atau si cantik.

Kamaruddin mengaku mengonfirmasi kebenaran pernikahan Ferdy Sambo dengan perempuan dengan sebutan si cantik ini. "Soal si cantik itu saya konfirmasi ke Kabareskrim, Dirtipidum maupun Dirtipideksus, membenarkan bahwa mereka (Ferdy Sambo dan si Cantik) telah menikah dan dinikahkan oleh rohaniawan," kata Kamaruddin.

Jika memang benar rohaniawan itu menikahkan, ia meminta yang bersangkutan ditangkap. Kendati demikian, Kamaruddin Simanjuntak mengaku tak tahu siapa sosok perempuan tersebut. "Informasinya, Ferdy Sambo ini telah menikah di luar undang-undang."

Pernikahan Ferdy Sambo dengan si cantik itu secara diam-diam baru diketahui Putri Candrawathi pada 21 Juni 2022. Pernikahan diizinkan lantaran Ferdy Sambo beralasan hubungan rumah tangganya dengan Putri Candrawathi sudah tak harmonis lagi.

Kondisi ini membuat Putri Candrawathi sedih dan sakit saat di Magelang apalagi di sana kembali bertengkar dengan Ferdy Sambo.

 

Urutan Kejadian

Berdasarkan urutan kejadian itu, Kamaruddin meragukan motif pembunuhan karena pelecehan.  "Jadi sangat tidak mungkin dan tidak masuk akal, kalau ini dibilang pelecehan seksual oleh Brigadir J," ujar Kamaruddin.

Sebab katanya bagaimana mungkin seorang korban pelecehan seksual memanggil dan meminta pelakunya berbicara empat mata di kamar. "Jadi tidak masuk akal, dan motif pembunuhan ini, tetap karena Ferdy Sambo ketahuan menikah lagi dengan si cantik oleh istrinya Ibu Putri," kata Kamaruddin.

 

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Brigadir J Diancam Dibunuh

Sedangkan, pada 21 Juni itu pula kata Kamaruddin, Brigadir J diancam dibunuh karena membocorkan informasi itu ke Putri Candrawathi sehingga Brigadir J menelpon kekasihnya Vera Simanjuntak untuk curhat. "Kepada kekasihnya almarhum mengatakan ia akan dibunuh sehingga meminta maaf dan berharap kekasihnya mencari pria lain.

Jadi Brigadir J sudah merasakan dia akan dibunuh sejak 21 Juni, karena ancaman itu sangat kencang dari Ferdy Sambo," kata Kamaruddin.

Kemudian kata Kamaruddin, pada 1 Juli 2022, Putri memanggil adik Brigadir J yakni Reza yang juga merupakan anggota polisi. "Reza ini dikasih uang Rp5 Juta dan dompet merk Pedro, dan dikasih tas serta dijanjikan akan dimutasi dari Yanma Polri ke Polda Jambi," katanya.

 

Rayakan Ultah Perkawinan

Baca Juga: Dituduh Curi 2 Dus Mie Instan, Pria Asal Cimahi Tewas Dikeroyok Massal

Keesokannya, kata Kamaruddin, Putri Candrawathi bersama sejumlah pengawal, ajudan dan sopir serta asisten rumah tangganya ke Magelang untuk melihat dua anaknya yang bersekolah di Taruna Nusantara Magelang. "Pada tanggal 6 Juli, Ferdy Sambo datang ke Magelang, merayakan Ulang Tahun Perkawinan ke 22 dengan Putri Candrawathi. Pasca perayaan terjadi pertengkaran di kamar. Para ajudan tidak bisa berbuat apa-apa," ujarnya.

Menurut Kamaruddin masalah pertengkaran tetap sama yakni akibat Ferdy Sambo yang menikah lagi. Putri Candrawathi mengancam akan melaporkan ke atasannya soal bisnis mafia Sambo.

Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi menampakkan kemesraan saat proses rekonstruksi pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). Meski jadi tersangka, Putri tidak ditahan polisi dan dipertanyakan oleh publik.

"Karena pertengkaran itu, Ferdy Sambo keesokannya yakni 7 Juli meninggalkan Putri Candrawathi di Magelang. Justru Ferdy Sambo tidak bertanggungjawab, meninggalkan istrinya di Magelang dan ia pulang ke Jakarta untuk merencanakan pembunuhan terhadap Brigadir J," kata Kamaruddin.

Pada tanggal 7 Juli itulah, kata Kamaruddin, Putri Candrawathi memanggil ajudan dan sopir serta ART berbicara empat mata bergantian di kamarnya. "Brigadir J mendapat bagian sekitar 15 menit berbicara empat mata dengan Putri," katanya.

Lalu keesokan harinya kata Kamaruddin pada 8 Juli mereka kembali ke Jakarta dan di rumah dinas Ferdy Sambo di Duren Tiga, Pancoran, Brigadir J dihabisi oleh Ferdy Sambo. "Jadi permasalahannya ada di Ferdy Sambo dengan Putri Candrawathi akibat adanya si cantik itu," kata Kamaruddin. wkt/tbn/erk/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU