Baru Diresmikan, PLUT Kota Mojokerto Langsung Tancap Gas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 09 Des 2023 14:26 WIB

Baru Diresmikan, PLUT Kota Mojokerto Langsung Tancap Gas

i

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Dr. Yulius, MA saat meresmikan gedung PLUT Kota Mojokerto

 

 

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto -Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM), Dr. Yulius, MA terkesan dengan kondisi serta suasana PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Maja Citra Kinarya Kota Mojokerto.

Pasalnya, meski baru diresmikan hari ini, gedung yang dibangun dari anggaran DAK KemenkopUKM senilai Rp 5,563 milyar ini sudah tancap gas beroperasional secara normal.

"Saya sangat senang dan terkesan, karena seluruh kegiatan dan pelayanan PLUT sudah jalan. Beda dengan PLUT lain yang saya resmikan, gedung sudah ada tapi kegiatan belum ada," cetusnya.

 

Yulius mengatakan terkait PLUT, KemenkopUKM sudah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Tujuannya untuk meningkatkan produk UMKM dan IKM agar bisa dikenal, disalurkan dan diterima olah pasar secara luas serta bisa menjadi rantai pasok bagi pengusaha besar.

"Ada Telkom, Kominfo, RRI dan puluhan perusahan besar yang sudah kita gandeng. Itu yang kita tawarkan dan silahkan di akses," harapnya.

Masih kata Yulius, ada tiga fokus utama pembangunan PLUT, diantaranya yakni solusi meningkatkan branding, melakukan pendampingan serta mendorong UMKM IKM agar bisa naik kelas.

"Kita harap PLUT Kota Mojokerto bisa menjadi pusat konsultasi dan pendampingan UMKM, pusat pengembangan produk usaha daerah, pusat pelatihan teknis manajerial dan pusat inkubasi wirausaha," pungkasnya.

Kepala DiskopUKM Provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah mengatakan PLUT Kota Mojokerto menjadi gedung ke enam di Provinsi Jawa Timur. 

"Saya sangat senang karena kehadiran layanan terpadu ini diharapkan menjadi akselerator tumbuh kembang koperasi, UMKM dan wirausaha yang selama ini ikut menggerakkan ekonomi Jawa Timur," ujarnya.

 

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengaku bersyukur di penghujung tahun pengabdiannya bisa bersama-sama meresmikan gedung PLUT yang diberi nama Maja Citra Kinarya.

"Kami sadar betul potensi UMKM dan IKM Kota Mojokerto yang begitu mendominasi dalam menyumbang PDRB. Mereka butuh kehadiran pemerintah untuk terus difasilitasi dan didukung," ungkapnya.

Masih kata Ning Ita, UMKM telah menguatkan ekonomi Kota Mojokerto sehingga mampu bangkit lebih cepat dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. 

"Dengan melihat potensi tersebut, Pemkot akan terus mensuport mereka agar bisa naik kelas," pungkasnya.

Sekedar informasi gedung PLUT Maja Citra Kinarya Kota Mojokerto memiliki berbagai fasilitas pelayanan. Diantaranya, ruang foto produk, live jualan dan podcast, ruang desain grafis, ruang konsultasi dan pendampingan UMKM, ruang pelatihan, ruang inkubasi, co working space dan masih banyak lagi. Dwi

 

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU