Bawaslu Lamongan Salurkan Air dan Sembako ke Warga Terdampak Kekeringan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Nov 2023 18:55 WIB

Bawaslu Lamongan Salurkan Air dan Sembako ke Warga Terdampak Kekeringan

i

Warga masyarakat terdampak kekeringan saat menerima bantuan air bersih dari Bawaslu. SP/MUHAJIRIN 

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Meski sebagian besar wilayah Kabupaten Lamongan sudah turun hujan, namun kebutuhan air bersih bagi warga cukup tinggi lebih-lebih pada wilayah yang selama ini terdampak kekeringan. Untuk meringankan beban itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)  menyalurkan bantuan air bersih dan sembako kepada masyarakat di Kecamatan Sukorame pada  Minggu (5/11/2023).

Bantuan untuk meringankan beban masyarakat itu, seperti disampaikan oleh Kordiv SDM Organisasi dan Diklat, Bawaslu Kabupaten Lamongan, Muttaqin mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial berupa bantuan air bersih dan sembako ini sengaja digelar demi bisa meringankan beban warga yang terdampak kekeringan.

Baca Juga: Toko Nelayan di Lamongan Terbakar

Disebutkan olehnya, bantuan air bersih yang disalurkan oleh Bawaslu Lamongan ini ada sebanyak 20 ribu liter. Menurutnya, Bawaslu turut merasa prihatin atas bencana kekeringan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini, khususnya masyarakat Lamongan di wilayah selatan. 

Selain itu, lantaran kekeringan ini juga berimbas pada kebutuhan pangan masyarakat, Muttaqin menuturkan, Bawaslu memberikan bantuan sembako kepada puluhan masyarakat di Desa Bangle, Kecamatan Sukorame, Kabupaten Lamongan.

"Kegiatan ini merupakan inisiasi dari teman-teman Bawaslu terkait adanya kekeringan yang ada di Lamongan. Bantuan ini hasil donasi dari teman-teman Panwascam se-Lamongan. Kami merasa terpanggil atas kekeringan yang dialami oleh saudara-saudara kita," kata Muttaqin.

Sementara itu, aksi bakti sosial ini dilakukan selain ikut peduli dengan apa yang dirasakan masyarakat wilayah Lamongan selatan ini lanjutnya, kegiatan ini juga dilakukan sebagai bagian sosialisasi tahapan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Seleksi Penerimaan Calon Paskibraka 2024 Lamongan Dimulai

Pihaknya bersama anggota Bawaslu Lamongan lainnya mengajak masyarakat agar terus bersinergi dalam mewujudkan Pemilu yang adil, damai dan demokratis. 

"Kami mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pesta demokrasi mendatang dan memilih sesuai dengan hati nurani, sehingga Pemilu yang bakal digelar pada 14 Februari 2024 itu bisa terselenggara dengan adil dan damai. Mari kita awasi bersama," paparnya

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Desa Bangle, Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan menyampaikan bahwa kekeringan yang dialami oleh warga di desanya sudah berlangsung sekitar 5 bulan. 

Kekeringan ini, sambung Toni, berakibat pada terkendalanya aktivitas yang dilakukan oleh warga setiap hari. "Kekeringan ini sudah terjadi sekitar 5 bulan, sumber air di desa mengering. Banyak warga yang terpaksa harus mengambil air ke wilayah lain. Sejak bulan 6 lalu juga tak ada hujan," terang Toni. 

Baca Juga: Pencuri Kotak Amal di Lamongan Diamankan

Atas bantuan ini pihaknya sangat berterimakasih kepada Bawaslu Lamongan atas bantuan air bersih dan sembako ini. Bantuan ini sangat berguna, karena di desanya  sangat kekurangan pasokan air bersih. 

Turut hadir dalam kegiatan ini di antaranya seluruh komisioner Bawaslu Lamongan, jajaran sekretariat, sejumlah Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa, serta perangkat desa setempat. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU