Bayern Munchen Dominasi Penghargaan Eropa

Para punggawa Bayern München, Hansi Flick, Robert Lewandowski, Manuel Neuer dan Joshua Kimmich, membawa piala penghargaan masing-masing Kamis malam. SP/uefa/ap

 

SURABAYAPAGI.COM, Jenewa – Kamis (1/10/2020) malam WIB kemarin, menjadi malam yang indah untuk para punggawa Bayern München. Pasalnya, empat orang masuk menjadi yang terbaik. Diantaranya, Manuel Neuer, Joshua Kimmich, Robert Lewandowski dan Hans-Dieter Flick.

Manuel Neuer meraih Penjaga Gawang Terbaik Eropa, kemudian Joshua Kimmich meraih Pemain Belakang Terbaik Eropa, kemudian Robert Lewandowski meraih Striker Terbaik Eropa. Dan Hans-Dieter Flick menyabet Pelatih Terbaik Eropa. Khusus Robert Lewandowski, dia juga menyabet penghargaan Pemain Terbaik Eropa.

Striker Bayern München it sendiri juga mencatat rekor kala menjadi pemain terbaik UEFA 2019/2020. Dia meraih kemenangan paling telak dibanding sepanjang sejarah penghargaan. Lewandowski mendapat 477 poin untuk memenangkan penghargaan. Dia jauh meninggalkan gelandang Manchester City Kevin De Bruyne (90). Rekan setim Manuel Neuer (66) melengkapi tiga besar.

Jarak 387 angka merupakan yang terbesar sejak UEFA memberi penghargaan bernama resmi Men's Player of the Year Award ini pada 2016/2017. Kemenangan Lewandowski mengungguli capaian Cristiano Ronaldo kala menyisihkan Lionel Messi dengan keunggulan 341 nilai di edisi perdana.

"Dia bekerja sangat keras bagi tim, termasuk dalam membantu pertahanan. Tidak perlu dikatakan lagi mengenai kemampuannya di depan gawang lawan," ungkap pelatih Bayern Hansi Flick, dilansir situs resmi UEFA. "Lewandowski sangat profesional. Dia adalah penyerang murni terbaik di dunia," sambungnya.

Dominasi Lewandowski tidak lepas dari kinerjanya di lapangan. Penyerang berusia 32 tahun itu selalu mencetak gol bagi Bayern dalam perjalanan menjadi juara Liga Champions.

Total dia menghasilkan 15 gol dan enam assist. Lewandowski juga mencetak 34 gol di Bundesliga serta enam kali merobek gawang lawan di Piala Jerman.