BBWS Bengawan Solo Lakukan Riset di PPN Brondong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 23 Mei 2021 15:42 WIB

BBWS Bengawan Solo Lakukan Riset di PPN Brondong

i

Tim BBWS Bengawan Solo dan Tim Teknik Pantai saat melakukan pertemuan di PPN Brondong Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Setelah melakukan pertemuan dengan bupati Lamongan, Balai Besar Wilayah Sungai  Bengawan Solo (BBWS-BS) melakukan riset di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, terkait dengan rencana pengerukan dan penambahan breakwater/pemecah gelombang.

Tim BBWS Bengawan Solo seperti disampaikan oleh Pradita Aditya, Perwakilan dari warga nelayan yang juga salah satu pemilik kapal di PPN Brondong,  Minggu (23/5/2021) menyebutkan, tim Balai Teknik Pantai dan BBWS Bengawan Solo pada beberapa lalu sudah melakukan riset di PPN Brondong.

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Aditya juga menambahkan, bahwa ada beberapa langkah teknis yang sudah dilakukan oleh Balai Teknik Pantai dan BBWS Bengawan Solo di lokasi pantai PPN Brondong Lamongan untuk kemudian dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Kemarin dari Balai Teknik Pantai sudah ceburkan alat ke pantai, saya kurang paham nama alatnya. Kemudian dari BBWS Bengawan solo juga sudah mengambil sample sendimentasi dan lumpur untuk diteliti lebih lanjut," terang Aditya.

Berdasarkan informasi dari BBWS Bengawan Solo sebagaimana perintah Menteri PUPR sebelumnya. Pihak BBWS berupaya mensinkronkan apa yang dikerjakan, sesuai dengan tusinya. Termasuk desain dan penghitungan RAB-nya, yang selanjutnya akan dilaporkan ke Jakarta. Selanjutnya pada Agustus mendatang, penanganan masalah di PPN Brondong sudah harus ditenderkan.

"Untuk perkembangan selanjutnya nanti dikabari lagi. Kementerian PUPR lagi fokus speed karena extraordinary case di Lamongan. Agustus harus mulai mengerjakan," jelasnya. 

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

IMG-20210521-WA0035IMG-20210521-WA0035

Sementara itu lanjut Aditya, riset ini sebagai tindak lanjut kunjungan presiden Joko Widodo beberapa Minggu yang lalu. Tim juga sudah bertemu dengan Bupati Lamongan dan membicarakan tentang 4 aspirasi nelayan yang telah disetujui oleh Presiden RI dalam kunkernya di PPN Brondong Lamongan.

Ke 4 (empat) aspirasi nelayan yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi pada kunker waktu itu kata Aditya, di antaranya normalisasi Kali Asinan, Perpanjangan jeti untuk sedimentasi dan Breakwater.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Pradita Aditya, Perwakilan dari warga nelayan yang juga salah satu pemilik kapal di PPN Brondong menyampaikan, bahwa hari ini tindak lanjut yang dilakukan masih pada tahapan penelitian di lokasi Pelabuhan Brondong Lamongan.

"Kebetulan saya dilibatkan dalam pembahasan tersebut, karena waktu itu saya perwakilan nelayan yang mengusulkan ke Pak Presiden. Ada beberapa rapat pembahasan yang dilakukan, kemarin di Hotel Tanjung Kodok Beach Resort Paciran," pungkasnya.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU