Bea Cukai Malang Gagalkan Peredaran Ratusan Rokok Ilegal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Nov 2022 20:32 WIB

Bea Cukai Malang Gagalkan Peredaran Ratusan Rokok Ilegal

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Cukai Malang menggagalkan pengiriman ratusan ribu batang rokok ilegal yang merupakan hasil dari Operasi Gempur Rokok Ilegal.

Kepala Kantor Bea Cukai Malang Gunawan Tri Wibowo di Kota Malang, Jawa Timur, Selasa, mengatakan bahwa pengungkapan tersebut dilakukan pada saat tim Bea Cukai Malang melakukan patroli secara rutin di wilayah Malang Raya.

"Pengungkapan ini merupakan hasil patroli darat yang secara rutin dilakukan di wilayah Malang Raya," kata Gunawan.

Menurutnya, dari hasil pengungkapan tersebut ada sebanyak 139.400 batang rokok ilegal yang ditemukan oleh tim Bea Cukai Malang. Ratusan ribu batang rokok ilegal tersebut akan dikirim ke luar wilayah Malang Raya menggunakan sebuah minibus.

Ia menambahkan pada mulanya tim Bea Cukai Malang melakukan penyusuran di wilayah Kota Malang dan menemukan sarana pengangkut yang dicurigai membawa barang kena cukai hasil tembakau ilegal.

"Kemudian tim melakukan pengejaran terhadap sarana pengangkut tersebut," katanya.

Dari hasil pemeriksaan, tim Bea Cukai Malang menemukan barang kena cukai hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin berbagai merek yang tidak dilekati pita cukai. Ada sebanyak 6.970 bungkus rokok ilegal atau setara dengan 139.400 batang.

Kemudian, menurut Gunawan, tim Bea Cukai Malang membawa pengemudi sarana pengangkut dan barang berupa rokok ilegal tersebut untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tercatat perkiraan nilai barang sekitar Rp83,6 juta.

"Sementara untuk potensi penerimaan negara mencapai Rp158,9 juta," katanya.

Ia berharap dengan upaya aktif yang dilakukan Bea Cukai Malang tersebut peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah Malang Raya bisa ditekan. Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal yang berpotensi merugikan negara.

 

Baca Juga: Pasokan Kebutuhan Pokok Stabil Pasca Lebaran

"Harapan kami dengan upaya aktif yang dilakukan bisa menekan peredaran rokok ilegal khususnya di wilayah Malang Raya. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli rokok ilegal yang berpotensi merugikan negara," tambah Gunawan.



Baca Juga: Pj Wali Kota Malang: Layanan Jemput Bola Efektif

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU