Beda di Awal Puasa Ramadhan, Kemenangan Bersama pada Idul Fitri 1443 H

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 02 Mei 2022 10:27 WIB

Beda di Awal Puasa Ramadhan, Kemenangan Bersama pada Idul Fitri 1443 H

i

Imam Sholat Idul Fitri bersama Ketua Ta'mir dan pengurus Masjid An-Nur. Foto SP/Hikmah

SURABAYAPAGI. com, Sidoarjo- Takbir dan Tahmid berkumandang diseluruh Masjid untuk menyambut Idul Fitri 1443 H, tidak terkecuali di Masjid An-Nur Dukuhsari Kidul Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu malam setelah proses sidang isbat menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H tahun 2022 jatuh pada Hari Senin 2 Mei 2022, maka umat Islam di seluruh Indonesia sejak senin pagi mendatangi Masjid masjid terdekat untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri, yang merupakan salah satu amalan Ibadah sunnah pada Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: Jelang Lebaran Ketupat, Perajin di Jombang Kebanjiran Pesanan

Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan sebulan penuh, maka Umat Islam merayakan momen hari kemenangan yaitu Idul Fitri1443 H. Alhamdulillah tahun ini ibadah sholat Idul Fitri 1443 H dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia baik NU maupun Muhamadiyah, dimana awal permulaan puasa berbeda.

Ketua Takmir Masjid An-Nur Dukuhsari Kidul Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo Ustadz Mistari melaksanakan sholat Idul Fitri bersama jamaah Dukuhsari kidul, Panggreh dan sekitarnya sehingga Masjid An-Nur penuh sampai meluber menggunakan dan menutup jalan sementara. Imam dan khotib Sholat Idul Fitri 1443 H adalah ustadz Munir dari KUA Kecamatan Jabon.

Baca Juga: Gus Muhdlor Gelar Open House untuk Masyarakat, 15.000 Porsi Makanan Disiapkan

Dalam khutbah Idul Fitri 1443 H tersebut Ustadz Munir menekankan tentang pentingnya menjaga silaturrohim terutama silaturrohim kepada kedua orang tua.

Setelah selesai melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri maka seluruh jamaah langsung saling maaf memaafkan dalam Masjid dilanjutkan berkeliling bersama keluarga mendatangi rumah rumah tetangga terdekat untuk saling maaf memaafkan sesuai tuntunan dan tradisi.

Baca Juga: Terbuka Untuk Umum, Open House Pj Wali Kota Ali Kuncoro Diserbu Warga

Hari raya Idul Fitri adalah tradisi hari raya yang menyenangkan, terutama bagi anak kecil pasalnya di hari raya Idul Fitri itulah momen untuk berbagi kebahagiaan yang ditunggu anak anak mendapatkan salam tempel dari kakak, orang tua maupun saudara pada hari raya Idul Fitri.

Itulah salah satu barokah maupun manfaat dari THR bagi para buruh dan karyawan yang hanya diperoleh setahun sekali, sehingga senyuman polos anak kecil yang mendapatkan salam tempel menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai bagi yang memberi. Hik

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU