Begini Proses Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Jia Sape, Kabupaten Bima, NTB

Calon Kades Desa Jia Sape-Bima NTB sudah mendapatkan nomor urut.

SURABAYAPAGI. com, Bima-NTB Salah satu pemerintah Desa yang ada di wilayah kecamatan Sape Kabupaten Bima yang akan melaksanakan pilihan kepada desa adalah Desa Jia. Desa Jia yang terletak di jalan lintas Propinsi Sape Bima Nusa Tenggara Barat, kampung yang di apit oleh gunung tapi dilewati oleh jalan propinsi yang melintasi sarana transportasi yang hilir mudik dari Bima ke Sape terus ke Sumba dan lain lain.

Penduduknya mayoritas 100 % muslim sehingga suasana kehidupan damai dan agamis. Desa Jia Sape Kabupaten Bima yang memiliki 4 Dusun yaitu dusun Mujahidin, dusun Ansyor, dusun Mubarokah dan dusun Muhajirin akan berpesta Demokrasi pemilihan Kepala Desa pada tanggal 6Juli 2022 mendatang.

Panitia pilkades selalu mengikuti regulasi sebagamana yang telah diatur dalam Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Bima Nomor 24 Tahun 2019 tentang Tata cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa Dan untuk pemilihan kepala desa Jia Sape Kabupaten Bima diikuti oleh 4 orang kompetitor selaku bakal calon kepala desa (bacakades) mereka adalah putra terbaik di desa Jia yang akan bersaiing merebut hati warga untuk memimpin desa Jia periode 2022-2028.

Mereka adalah sesuai nomor urut pemilihan : 1. Syamsuddin ( Mantan Kades) 2. Sukrin 3. Hikmah 4. Takwin (petahana) Sekilas profil keempat calon, Syamsuddin adalah mantan Kades sebelum Kades PetahanaTakwin sehingga bagi warga Desa Jia pasti sudah mengetahui rekam jejak untuk Syamsuddin apa yang sudah dia berikan untuk desa jia selama dia menjabat.

Sedangkan Kades Petahana saudara Takwin, warga sudah paham juga rekam jejaknya. Takwin Kades Petahana tidak perlu ada pencitraan lagi karena sudah ada pembangunan nyata yang dia berikan untuk warga desa Jia selama dia menjabat kades Jia, ada yang dirasakan nyata oleh seluruh warga desa Jia salah satu karya besar Takwin untuk kemaslahatan warga desa Jia adalah penyediaan air bersih yang disalurkan lewat pipa dari sumber air bersir tanah putih (dana bura) sari 2 untuk dialirkan ke penampungan bak air besar di doro ncuhi untuk warga desa jia, sehingga kebutuhan akan air bersih untuk warga desa Jia tercukupi.

Sedangkan saudara Sukrin dan Hikmah yang baru mencalonkan diri bisa mengenalkan diri lewat visi dan misi yang akan disampaikan buat warga Jia sehingga bisa meyakinkan warga Jia bahwa visi maupun misi Sukrin dan Hikmah harus lebih unggul dari Petahana Takwin yang sudah berkarya nyata untuk desa Jia.

Sesuai program kerja (Proker) panitia pemilihan kepala desa Jia telah melewati semua tahapan tentang klarifikasi, verifikasi dan validasi kelengkapan data persyaratan dari tiap kompetitor atau bacakades pilihan kepala desa Jia Sape sampai pada tahap pengambilan nomor urut calon, Sedangkan untuk pelaksanaan pemilihannya akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2022.

Untuk kelengkapan data persyaratan dari ke 4 orang bacakades sudah terklarifikasi, terverifikasi. Alhamdulillah proses perjalanan pelaksanaan pilihan kepala desa Jia Sape hingga pada tahapan klarifikasi, verifikasi dan validasi kelengkapan data persyaratan para bacakades telah berjalan lancar serta kondusif. Dan yang terakhir tinggal menunggu waktu pencoblosan yang akan ditunggu oleh seluruh warga Desa Jia dalam pesta demokrasi pilkades desa Jia pada tanggal 6 Juli 2022, dengan harapan akan terlaksana dengan lancar dan sukses dalam kondisi aman rukun, guyub dan kondusif.

Salah satu warga desa Jia yang tidak ingin menyebutkan jati dirinya saat berbincang lewat telpon dengan Wartawan harian Surabaya Pagi mengharapkan siapapun yang terpilih tolong dipikirkan kuburan dipagar keliling agar sapi sapi dan binatang piaraan lainnya tidak berkeliaran diatas kuburan pintanya.

Panitia pilkades harus selalu berpijak pada regulasi sebagamana yang telah diatur dalam ketentuan Perbup nomor 24 tahun 2019 Kabupaten Bima sebagai dasar pijak dalam menjalankan tupoksi panitia. Siapapun kepala desa yang terpilih nantinya diharapkan : Harus mampu menciptakan kondisi aman, nyaman dan kondusif pada desanya.

Kemudian harus mampu membangun desa Jia supaya bertambah maju lagi serta bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga desa Jia. Hik/Pur