Begini Strategi Pemkab Lamongan dalam Penuhi Target RPJMDnya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 28 Jun 2021 17:45 WIB

Begini Strategi Pemkab Lamongan dalam Penuhi Target RPJMDnya

i

Bupati Yuhronur Efendi saat menyampaikan jawaban dihadapan anggota DPRD soal Raperda RPJMD. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Pemkab Lamongan saat ini telah mengusulkan Raperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, dan ada strategi yang akan dilakukan untuk memenuhi target RPJMD itu, diantaranya dengan cara Benchmarking, Proyek Statistik dan Expert Judgement. 

Hal itu disampaikan oleh bupati Yuhronur Efendi, Senin (28/6/2021) saat rapat paripurna ketiga dalam rangka Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap 2 Raperda inisiatif eksekutif dan Jawaban Fraksi atas Pendapat Bupati terhadap 4 Raperda inisiatif legislatif.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Disebutkan olehnya, untuk target dan capaian RPJMD, Pemerintah Daerah menggunakan tiga pendekatan yakni Benchmarking, proyek statistik dan expert judgement. Melalui hal tersebut Eksekutif Optimis Semua Target RPJMD Tercapai.

Benchmarking adalah dengan melakukan pembandingan yang sudah dilaksanakan dengan yang akan dilaksanakan. Sedangkan Proyek Statistik adalah dengan pembangunan sarana dan prasarana yang diwujudkan kedepannya progresnya harus selalu baik, meningkatkan baik secara kualitas maupun kuantitas.

Adapun expert judgement adalah, bagian apa yang sudah dilakukan dalam rangka peningkatan pembangunan harus ada penilaian dari ahli, agar diharapkan kedepannya semakin terpacu untuk berbuat yang terbaik dalam upaya menuju kejayaan.

“Melalui tiga pendekatan tersebut , serta pertimbangan aspek pengalaman dan penganggaran. Pemkab juga mempersiapkan antisipasi melalui evaluasi kinerja perangkat daerah yang akan dilaksanakan setiap semester guna mengetahui capaian dan strategi," jelas bupati yang biasa dipanggil Pak Yes ini menegaskan.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Melalui hal tersebut Pemkab Lamongan berkomitmen dan berkeyakinan serta optimis bahwa target yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik. Selanjutnya untuk Raperda perubahan kedua atas Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Lamongan, Bupati Yes turut mengapresiasi berbagai harapan fraksi agar menjadikan kinerja pemerintah lebih fokus, efektif dan signifikan. 

Sementara itu, Juru Bicara DPRD Lamongan Imam Fadli mengungkapkan harapannya atas keempat Raperda inisiatif legislatif dapat melahirkan karya, ide, maupun terobosan baru dalam mewujudkan Kejayaan Lamongan.

“Apresiasi pemerintah atas Raperda Inovasi Daerah, Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Pengentasan Kemiskinan dan Penyelenggaraan Alam dan Non Alam kami ucapkan terima kasih," terang politisi dari Partai Gerindra ini.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

Adapun saran dan harapan melalui Raperda ini dapat melahirkan karya, ide, terobosan baru dalam meningkatkan kinerja pemerintahan untuk menuju Kejayaan Lamongan. "Kami berharap nantinya keempat Raperda ini dapat disahkan,” harapnya. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU