Belum Mencapai Target PAD, Beginilah Kata Kordinator Uji Kir Sumenep

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 10 Agu 2022 18:14 WIB

Belum Mencapai Target PAD, Beginilah Kata Kordinator Uji Kir Sumenep

i

Foto : Kordinator Penguji Kir Kab. Sumenep, Novel saat ditemui reporter Surabaya Pagi diruang kerjanya (ft. Ainur Rahman/ SP)

SURABAYAPAGI, Sumenep - Kordinator Penguji Kir Kab. Sumenep, Novel mengaku menurunya pendapatan retribusi pengujian kendaraan bermotor atau uji KIR ,karena pandemi covid-19 kemarin.

Menurutnya, sejak pandemi Covid -19 angka kesadaran masyarakat untuk melakukan Uji KIR kendaraannya semakin menurun, dan hal ini sangat berdampak kepada pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kab. Sumenep.

Baca Juga: Pelapor Tanah Kas Desa di Sumenep, Janji Ungkap Kasus Lebih Besar dengan Pelaku Sama

"Saya masuk di sini pertengahan tahun 2019 dan disini masih berstatus sebagai UPT.  Alhamdulillah di awal tahun 2020, kerja saya mencapai target," katanya kepada Surabaya Pagi diruang kerjanya.

Pencapaian target PAD itu dikarenakan belum adanya pandemi covid-19, namun sejak awal pandemi covid masyarakat sudah mulai abai melakukan uji KIR, mungkin motifnya karena takut akan penyebaran wabah virus tersebut.

Namun, kata Novel, sekalipun tak mencapai target PAD dari uji KIR, pihaknya tetap optimis melakukan sosialisasi ke masyarakat akan pentingnya melakukan uji KIR Bagi kendaraan.

Baca Juga: Pemkab Sumenep Gelar Festival Led Lebaran Hari Ketupat 2024 di Pantai Lombang Sumenep

"Saya mengakui untuk  pendapatan retribusi dari uji KIR pada saat pandemi berlangsung sampai saat ini, masih terbilang sangat minim, dari jumlah kendaraan yang ada di Kab. Sumenep," katanya.

Diakui Novel, minimnya kesadaran bagi masyarakat untuk melakukan uji KIR dikarenakan faktor keuangan mereka, sebab di Kab. Sumenep rata-rata masyarakatnya adalah petani bukan industri.

"Kita sadar, minimnya Uji KIR di Kab. Sumenep, disebabkan karena masyarakatnya lebih banyak Petani bukan Industri, jadi mereka masih menunggu panen tiba baru punya uang untuk bayar retribusinya," ujarnya.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

Namun upaya Pemerintah, kata dia, tetap semangat untuk terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya bagi Kendaraan yang akan melakukan uji KIR di kab. Sumenep. "Tetap semangat dan optimis untuk mencapai target PAD sesuai dengan yang dicanangkan pemerintah kepada kami selaku Kordinator penguji KIR di Kab. Sumenep "

Selain itu pihaknya berharap, agar masyarakat sadar akan pentingnya melakukan uji KIR bagi kendaraan untuk melengkapi surat-surat kendaraannya. "Selain melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat, kita juga melakukan sosialisasi gabungan dengan berbagai Instansi dilingkungan pemerintah kab. Sumenep,’’ pungkasnya. ar

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU