Bentuk Karakter Lewat IKM, Siswa Harus Kuasai Mapel

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Sep 2022 17:06 WIB

Bentuk Karakter Lewat IKM, Siswa Harus Kuasai Mapel

i

Kepala Sekolah SMAN I Ambunten, Drs. Sirajum Munir M. Pd. diruang kerjanya . SP/ Ainur Rahman

SURABAYAPAGI, Sumenep - Kepala sekolah SMAN 1 Ambunten  Drs. Sirajum Munir, M.Pd mengaku sudah dua tahun menggunakan metode Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) untuk siswa-siswinya.

"Kita sudah menggunakan metode pembelajaran Implementasi Kurikulum merdeka (IKM) itu sudah dua tahun pelajaran, dari kelas XI dan XII, jadi kalau kelas X masih penyesuaian Materi pembelajaran," katanya kepada Surabaya pagi, Kemarin.

Baca Juga: SMPN 2 Sapeken Kab Sumenep, Program Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Keberlanjutan dari K13

Menurutnya, metode IKM itu, penekannya kepada pembentukan karakter siswa. " Jadi nantinya sekolah akan mencetak siswa-siswi berkarakter pendidikan dan ber-Akhlaqul Karimah," ujarnya.

Apalagi, dalam metode pembelajarannya siswa-siswi lebih mandiri dan lebih aktif, tentunya akan memberikan ruang belajar dengan sungguh-sungguh hingga sampai kepada pencapaian materinya.

 ‘’Jika sebelum metode IKM diberlakukan hampir  25% guru lebih banyak menguasai kelas, namun pada saat ini terbalik, Justru malah siswa yang harus aktif didalam kelas," jelasnya.

Namun, kata dia, pihaknya sangat berharap, setelah diterapkannya metode IKM, siswa -siswinya lebih aktif dalam belajar dan berakhlaqul Karimah. “Sehingga bisa tercapai antara pendidikan umun dan Agama,” tegasnya.

Baca Juga: Gubernur Khofifah Targetkan IKM di Jatim Capai 100 Persen di TA 2023/2024

"Selain metode IKM mencetak siswa-siswi yang Instruktif,  inovatif dan Pro Aktif untuk berkreatifitas, maka guru sebagai pembimbing mata pelajaran diharapkan bisa membawa mereka dalam belajar yang menyenangkan, yakni bersifat rekreatif," ungkapnya.

Dikatakan Munir, jika Kurikulum Merdeka yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) pada 2021 lalu, dengan kurikulum yang diterapkan kepada Sekolah Penggerak.

‘’Dan Alhamdulillah, SMAN I Ambunten sudah menerapkan apa yang disampaikan oleh Kemendikburistek tersebut,’’ pungkasnya.

Baca Juga: Mapel 2023-2024, SMPN I Masalembu Terapkan IKM, Beginilah Kata Kaseknya

Sementara Wakasek Kurikulum, Sigit S.Pd, mengatakan jika progres belajar mengajar dengan menggunakan metode IKM memiliki ruang aktif bagi siswa untuk merdeka belajar.

"Siswa-siswi dengan metode Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) setidaknya siswa dapat menguasai lima materi mata pelajaran," katanya.

Selain itu pihaknya akan melakukan pendataan bagi siswa yang aktif dalam kelas dan menguasai materi pelajaran. "Kita akan terus evaluasi setiap bulannya," pungkasnya. (ar)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU