Beraksi 17 Kali, 2 Maling Motor di Kediri Dilumpuhkan

Kedua pelaku saat diamankan polisi.

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Satreskrim Polres Kediri melumpuhkan dua bandit motor. Kasatreskrim Polres Kediri, Iptu Rizkika Atmadha mengatakan kedua bandit itu adalah Rangga Jaya Girindhana (28), asal Jalan Kompol Duryat, Dandangan dan Moki Suyono (37), dari Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

"Kedua tersangka ini kami amankan kemarin, setelah teridentifikasi mencuri motor di sebuah Masjid Ringinrejo," kata dia, Kamis (22/7/2021).

Ia menjelaskan, saat itu motor yang dicuri adalah Honda Beat warna merah putih bernopol AG 3490 OG yang diparkir di halaman masjid.

"Korban waktu itu hendak menunaikan Salat Subuh. Motornya diparkir di halaman masjid, kemudian ke dalam masjid untuk adzan atau muazin. Di situlah motor korban dicuri," jelasnya.

Setelah menunaikan shalat Subuh, korban kemudian pulang. Namun, saat keluar masjid, korban sudah mendapati motornya raib dan kemudian melapor ke Polsek Ringinrejo.

Unit Reskrim Polsek Ringinrejo yang dibantu Unit Resmob Satreskrim Polres Kediri langsung melakukan penyelidikan, hingga kedua pelaku dapat diamankan.

Dalam pemeriksaan, keduanya tercatat sudah beraksi di 17 tempat kejadian perkara (TKP). Di Kota Kediri 7 TKP, 1 di Sidoarjo, dan 9 kali di daerah Malang. Setiap motor dari hasil curian, dijual tersangka ke penadah di daerah Pasuruan. Hasilnya, dibuat foya-foya dan kebutuhan sehari-hari.

"Untuk tersangka Rangga ini merupakan residivis atas kasus yang sama. Dia sudah spesialis. Saat ini kasusnya masih akan kami kembangkan untuk mencari TKP lainnya," tandas perwira yang pernah menjabat Kanitreskrim Polsek Asemrowo Surabaya itu.

Sementara dari kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti. Di antaranya 1 buah kunci T, 2 mata kunci T, 2 motor beserta BPKB-nya, dan 1 motor Honda Beat warna hitam bernopol AG 8714 AAA, yang belum diketahui TKP-nya.