Beraksi di 10 TKP, Dua Pelaku Jambret HP Diringkus Polisi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 17 Feb 2023 10:28 WIB

Beraksi di 10 TKP, Dua Pelaku Jambret HP Diringkus Polisi

i

Tersangka penjambretan HP, SB dan AS. Foto: SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tim Opsnal Resmob Polrestabes Surabaya berhasil menangkap dua pelaku spesialis jambret yang kerap beraksi di wilayah Surabaya. Penangkapan tersebut terjadi di SPBU Jalan Diponegoro Surabaya dan Jalan Kartini, Gresik pada Rabu (15/02/2023).

Diketahui kedua tersangka berinisial SB (20) warga Jalan Semarang, Kecamatan Bubutan, Surabaya dan AS (23) asal Dusun Madupat Kanginan, Kecamatan Camplong, Sampang, Madura.

Baca Juga: Kapolrestabes Ajak Ratusan Tukang Becak Buka Bersama di Mapolrestabes Surabaya

“Dua Pelaku tersebut, yaitu AS (23) dan SB (20) berhasil ditangkap. Usai petugas melakukan penyelidikan atas laporan polisi yang dilaporkan korban,” kata Kasatreskrim AKBP Mirzal Maulana kepada awak media, Kamis (17/2/2023).

AKBP Mirzal menerangkan, mereka ditangkap karena telah merampas handphone (HP) milik SN (26), wanita asal Kedung Turi.

Perampasan itu terjadi saat SN tengah berboncengan naik motor untuk menemani suaminya yang bekerja sebagai driver online mencari orderan di Jalan Kawi, Surabaya pada Minggu, (12/2/2023) sekitar pukul 02.00 WIB.

Namun, tiba - tiba dari sebelah kanan, motor mereka didekati oleh 2 orang laki-laki yang tidak dikenal dengan mengendarai sepeda motor honda PCX warna tosca tanpa nopol dan langsung mengambil secara paksa HP milik korban lalu melarikan diri.

"Merampas HP korban, kedua pelaku langsung melarikan diri,” ujarnya.

Setelah mendapatkan laporan, anggota Tim Opsnal Resmob Polrestabes Surabaya yang dipimpin oleh AKP Zainul Abidin mendatangi TKP. Bersama Opsnal Reskrim Polsek Sawahan, serangkaian kegiatan dilakukan mulai dari olah TKP, interogasi saksi-saksi, patroli siber serta analisa CCTV untuk mengetahui ciri-ciri pelaku sesuai dengan keterangan korban. Alhasil, para pelaku berhasil teridentifikasi.

Petugas menangkap SB di SPBU di Jalan Diponegoro, Kecamatan Sawahan, Kota Surabaya. Saat diinterogasi dan ditunjukkan bukti-bukti kejahatan akhirnya SB mengakui perbuatannya.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Siapkan 155.165 Personel

Tersangka SB mengaku tak bekerja sendirian namun dibantu oleh tersangka lain berinsial AS yang berperan sebagai joki motor PCX. Dalam menjalankan aksinya, SB diantar atau ditemani oleh AS.

 “Dari pengakuan SB ini, ia melancarkan aksinya bersama pelaku AS dengan menggunakan sepeda motor milik AS,” tuturnya.

Tersangka AS akhirnya berhasil ditangkap di Jalan Kartini Gresik. Selanjutnya, kedua tersangka beserta barang-bukti langsung dibawa ke Mapolrestabes Surabaya guna menjalani proses hukum lebih lanjut.

Berdasarkan pengakuan kedua tersangka, mereka telah beraksi di 10 TKP. Mayoritas yang menjadi sasaran adalah perempuan yang membawa HP.

“Saya sudah menjambret sebanyak 10 kali,” ucap SB dan AS.

Baca Juga: 8 Remaja Diduga Gangster Diamankan saat Hendak Konvoi

Selain melakukan aksi di Jalan Kawi, dua pelaku juga melakukan aksinya di Jalan Kenjeran dengan hasil HP, di Jalan Gembong dua kali dengan hasil HP, di Jalan Dupak sebanyak tiga kali dengan hasil HP, di Jalan Semarang dengan hasil HP, di Jalan Basuki Rahmad depan TP dengan hasil HP Iphone 6 dan di Jalan Demak dengan hasil HP.

“Jadi kedua terduga sebelumnya sudah sering melakukan aksi perampasan disejumlah tempat di Surabaya. Dan terkahir kalinya melakukan perampasan di Jalan Kawi Surabaya sebelum Indomaret,” terangnya.

AKBP Mirzal mengungkapkan, semua hasil kejahatan berupa HP selalu dijual online di Facebook dengan harga bervariasi antara 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Atas perbuatannya, kedua tersangka kini harus mendekam di tahanan Mapolrestabes Surabaya. Kedua tersangka dijerat dengan pasal 365 jo 362 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan (Jambret HP). ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU