Berantas Narkoba, Kota Kediri Bina Pokja Kelurahan Bersinar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Des 2021 17:43 WIB

Berantas Narkoba, Kota Kediri Bina Pokja Kelurahan Bersinar

i

Kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar, SH bersama Kepala Kesbangpol Kota Kediri, Bagus Himawan foto bersama dengan Pokja Kelurahan Bersinar Kota Kediri

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Demi melaksanakan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif, Kantor Kesbangpol Kota Kediri bersama BNN Kota Kediri melakukan pembinaan kelompok kerja (Pokja) Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba). 

Program tersebut merupakan program untuk memberantas narkoba yang ada mulai di tingkat Kelurahan. Program Kelurahan bersinar ini direncanakan dan dievalusi oleh masyarakat, pemerintah daerah dan lembaga non pemerintah. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan BNN, Petugas KAI Daop 8 Surabaya Jalani Tes Narkoba

Kepala BNN Kota Kediri, AKBP Bunawar SH mengatakan, tujuan dibentuknya kelurahan Bersinar salah satunya adalah untuk pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. 

"Kelurahan harus menjadi garda terdepan dalam pemberantasan narkoba, jadi untuk mewujudkan kelurahan Bersinar kita akan memberdayakan perangkat kelurahan dan masyarakat untuk pencegahan dan penyalahgunaan narkoba," ujar Kepala BNN Kota Kediri AKBP Bunawar SH, Rabu (15/12/2021). 

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Daging Sapi di Kediri Naik

Menurutnya, kelurahan Bersinar merupakan program nasional BNN yang bekerja sama dengan TNI POLRI, pemerintah daerah serta komponen masyarakat untuk penanggulangan narkoba.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Kediri, Bagus Himawan mengaku, keterlibatan semua lapisan masyarakat dan pemerintah daerah khusunya kelurahan dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba diyakini akan mampu menurunkan angka prevalensi dan mewujudkan Indonesia yang bersih dari narkoba. 

Baca Juga: Racik Mercon, Warga Kediri Diringkus Polisi

"Program ini dikelola oleh Kelompok Kerja yang terdiri dari Walikota, Camat, Lurah, Satlinmas dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas. Jadi semuanya ikut berperan dalam memberantas narkoba," ujarnya. 

Ia juga menambahkan, keberhasilan Kelurahan Bersinar ini dipengaruhi 5 faktor yakni Komitmen yang kuat dari para pemangku kebijakan di semua tingkatan (Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa dan Kelurahan); Intensitas opini publik tentang Program P4GN beserta integritasnya dengan lintas sektor; Optimalisasi fasilitasi dan dukungan mitra kerja/stakeholders; Semangat dan Dedikasi para pengelola kegiatan Desa Bersinar di seluruh tingkatan wilayah serta para petugas lini lapangan Desa Bersinar (Relawan Anti Narkoba, Penggiat Anti Narkoba, Agen Pemulihan, TP PKK dan petugas lapangan dari Instansi terkait), dan Partisipasi Aktif Masyarakat. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU