Berawal Iseng, Kini Lebarkan Sayap di Dunia Menulis Tingkat Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 22 Apr 2021 10:07 WIB

Berawal Iseng, Kini Lebarkan Sayap di Dunia Menulis Tingkat Nasional

i

Devis Anggi Septiani menunjukkan karya cerpen ciptaannya. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Berawal dari iseng alias coba - coba untuk mengikuti even atau lomba menulis cerpen membuat kegemaran membaca mulai di senangi oleh Devis Anggi Septiani. Dia kini mulai melebarkan sayap di dunia tulis menulis. Karyanya pun kini menjadi salah satu karya yang dipilih penerbit sebagai karya favorit.

Devis Anggi Septiani biasa disapa Devis ini, kala itu, dirinya mendapat tawaran dari saudarinya untuk turut serta dalam lomba tersebut. Ingin mencoba hal baru pun menjadi keyakinannya untuk mendaftarkan diri.

Baca Juga: Motor Adu Banteng, Lansia di Blitar Tewas

"Dikasih tahu sama kembaranku untuk ikut lomba ini. Sebenarnya dari dulu suka banget baca, tapi belum sempat nulis. Terus karena pengen nyoba, ya udah daftar aja. Enggak peduli masuk juara apa enggak, yang penting coba dulu," bebernya, Kamis (22/4/2021).

Sesaat setelah mendaftar lomba menulis ia sedikit ragu dan bimbang karena tidak percaya diri karena tema dari penerbit cukup awam dibenaknya. Sehingga, membuatnya merasa gugup untuk mulai menulis cerpen yang sesuai dengan tema yang ditentukan.

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Tak kehabisan ide, Devis pun mengabungkan tema utama dan tema pilihan agar tulisannya tak monoton. Skizofrenia atau salah satu penyakit mental dengan gangguan halusinasi menjadi topik yang dibahas dalam tulisannya. Hanya dalam kurun waktu sepekan, gadis yang juga mahasiswa program pendidikan (prodi) Bahasa dan Sastra Indonesia itu dapat merampungkan cerpen karyanya.

"Enggak susah tapi juga enggak gampang. Berhubung aku ada ide tentang mental health, ya udah aku coba gabungin aja," ujar mahasiswa semester dua itu.

Baca Juga: TKP2MO Kota Blitar Sidak Mamin Jelang Lebaran

Hari pengumuman pun tiba. Meski tak berhasil meraih juara, namun di antara ratusan karya tulisan yang masuk di penerbit, miliknya masuk 17 karya favorit. Ia juga kerap mengikuti lomba menulis di tingkat Nasional, tetapi kini juga tengah menulis beberapa cerpen di salah satu aplikasi menulis. Menurut dia, dengan menulis dapat menuangkan ide - ide yang muncul di otaknya.

"Sekarang sedang menulis cerpen di wattpad, cuma enggak setiap hari. Soalnya prinsipku nulis itu buat melepas penat kalau nanti dipaksain malah jadi beban. Yang penting harus ada niat untuk mengasah kemampuan," pungkasnya. Dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU