Berbekal Mesin Jahit, Kini Sukses Ekspor Produk Le Monde

Zakiah Ambadar. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Zakiah Ambadar atau yang biasa di sapa Jackie ini bersama dua orang adiknya mendirikan PT Lembanindo Tirta Anugrah. Perusahaan ini memproduksi perlengkapan bayi dan ibu dengan merek dagang Le Monde.

Berbekal satu mesin jahit dan uang Rp 900.000 pada tahun 1980, kini bisnis keluarga mampu meraih omset Rp 3 miliar per bulan dan mempunyai 10 outlet yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bogor dan Malang. Selain memiliki banyak outlet, Le Monde telah melakukan franchise sejak tahun 2001.

Le Monde membidik pangsa pasar menengah atas dengan kualitas bahan yang bersertifikasi internasional. Saat ini Le Monde telah mengekspor produk-produknya ke luar negeri seperti Australia, Singapura, Malaysia dan negara-negara Timur Tengah seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Pada saat itu bisnis perlengkapan bayi dan ibu belum terlalu banyak dilirik orang dan produk-produk yang ada adalah produk luar negeri seperti Baby Care yang tidak terintegrasi secara lengkap. Jackie lalu mempunyai keyakinan bahwa bisnisnya ini akan bisa menjadi pionir dalam industri perlengkapan bayi yang lengkap.

Le Monde sejak tahun 2001 berkembang menjadi usaha waralaba atau franchise dengan outlet dengan trade mark Le Monde Baby Worlds. Model franchise yang ditawarkan Le Monde berbeda dengan franchise yang lain karena Le Monde Baby Worlds tidak melakukan sistem pembayaran royalti bagi franchisee dan biaya modal usaha yang ditawarkan dengan harga murah.

Jackie Ambadar yang sekaligus menjadi Managing Director PT Lembanindo Tirta Anugrah, nilai-nilai yang diwariskan ibunya kepada Sang anak yaitu ketegasan, komitmen dan dedikasi yang tinggi dalam melakukan suatu pekerjaan.

Hal inilah menurut Jackie yang akan menjadi modal kuat bagi dia dan saudara-saudaranya dalam mengelola dan mengembangkan usaha yang digelutinya.

“Berani mengambil risiko dan mau bertanggung jawab terhadap setiap keputusan bisnis yang telah dipikirkan secara matang-matang akan menjadi kunci kesuksesan suatu usaha”, jelasnya.

Banyak orang di Indonesia berpendapat untuk membuka usaha dibutuhkan modal yang besar, ini merupakan hal yang keliru. Memang modal sangat penting dalam membuka suatu usaha tetapi yang jauh lebih penting yaitu kemauan dan semangat untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan sehingga orang dapat mandiri.

Dengan jiwa wirausaha maka akan membuka kesempatan kerja yang akan dapat menghidupi diri sendiri dan menolong orang lain. Dsy1