Berbisnis Batik Kudus yang Beromzet Hingga Puluhan Juta

Ummu Asiyati yang merupakan pemilik Alfa Shoofa Batik Kudus. SP/ KDS

SURABAYAPAGI.com, Kudus - Ummu Asiyati yang merupakan pemilik Alfa Shoofa Batik Kudus memiliki keinginan agar batik Kudus bisa dinikmati oleh semua kalangan. Menurutnya, semua masyarakat berhak memakai batik Kudus. Karenanya, di galeri Alfa Shoofa Batik Kudus selain menyediakan batik tulis juga menyediakan batik cap. Dari harga puluhan ribu sampai dengan puluhan juta.

”Seluruh masyarakat memiliki tanggungjawab untuk melestarikan budaya leluhur, termasuk batik Kudus. Saya memiliki cita-cita agar masyarakat Kudus mengetahui potensi daerahnya. Salahsatunya melalui batik produksi Alfa Shoofa Batik Kudus,” harapnya, Selasa (27/4/2021).

Alfa Shoofa Batik Kudus terletak di Jalan Raya Barat Gribig No 178 (Jl Sudimoro) Gribig Kudus. Alfa Shoofa Batik Kudus mulai berdiri sejak tahun 2008 lalu. Hasil karyanya bisa dinikmati oleh semua kalangan. 

Seluruh batik dari Alfa Shoofa, semua diproduksi di workhop yang terletak di komplek galeri Alfa Shoofa Batik Kudus. ”Semua produksi kain batik, kami proses di sini. Mulai dari menggambar pola, nyanthing, mewarnai kemudian nyelup kami lakukan di workshop galeri Alfa Shoofa Batik Kudus,” ungkapnya.

Selain itu, juga melakukan pelatihan membatik gratis selama dua hari. Pelatihan diperuntukkan bagi anak sekolah yang berminat untuk belajar membatik

Sebanyak 10 pelajar dari SMP, MTs, dan SMA belajar membatik di Workshoop Alfa Shoofa Batik Kudus. Para siswa diajari proses mencanting hingga, pewarnaan. Hasil dari karyanya juga bisa dibawa pulang. ”Di masa pandemi seperti ini, Alfa Shoofa Batik Kudus tetap ingin berbagi ilmu dan bisa bermanfaat,” Pungkasnya. Dsy9