Berbisnis Kopi Kekinian Hingga Miliki 230 Outlet di Seluruh Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Mei 2021 14:24 WIB

Berbisnis Kopi Kekinian Hingga Miliki 230 Outlet di Seluruh Indonesia

i

Varian rasa Kopi Soe. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Berbagai bisnis kopi di Indonesia kali ini memang tengah menjamur dengan berbagai inovasi dan racikan khasnya masing-masing. Hal tersebut akhirnya membuat berbagai bisnis makin banyak yang meminati. Salah satunya adalah Kopi Soe.

Kopi Soe ternyata berawal dari perjalanan Sylvia Surya dan suami yang mendirikan bisnis tersebut dari usaha sampingan. Mereka memutuskan untuk membangun bisnis kopi kekinian tersebut yang dijadikan sebagai bisnis sampingannya. Modal untuk membangun bisnis tersebut justru dari tabungan menikahnya, Kamis (20/5/2021).

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Salah satu yang paling menjadi favorit adalah kopi susu rum regalnya yang menjadi ciri khas dan identitas Kopi Soe. Banyak orang tahu Kopi Soe karena kopi rum regal tersebut. Dituturkannya, ternyata menu andalan tersebut berasal dari produk gagal yang kemudian menjadi inovasi tersendiri.

Mereka pula menamakan bisnisnya dengan nama Kopi Soe juga memiliki arti tersendiri. Kopi Soe, Soe (dibaca Su) dalam bahasa Jawa Kuno berarti besar atau bagus. Filosofinya, diharapkan Kopi Soe akan menjadi bisnis yang semakin berkembang dan bagus. Penamaan tersebut ternyata memberikan berkah tersendiri. Tak disangka pelanggan Kopi Soe semakin meningkat dan laris manis.

Bermula dari satu outlet franchise dengan sistem yang masih dikembangkan, ia dan suami optimis Kopi Soe akan terus berkembang dan dirinya akan terus belajar dalam mengembangkan bisnis tersebut. Lambat laun, kemitraan terus bertambah yang mayoritas berasal dari pelanggan Kopi Soe yang menyukai produknya.

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

Dalam mengembangkan bisnis, diakui Sylvia memang tak mudah terutama pandemi Covid-19 yang membuat banyak sekali perubahan terutama pada SOP dan rencana yang telah disiapkan. Sejak pandemi, Sylvia dan suami harus terpaksa merubah berbagai rencana bisnis yang telah dirancang awal tahun dan tentu saja menyesuaikan dengan segala kondisi saat ini.

Tak hanya itu mereka pun mulai fokus pada digitalisasi bisnis karena menyesuaikan pandemi saat ini. Begitu pula hambatan lain yang dirasakan terutama berbisnis dengan pasangan yang tentu saja tak mudah. Mulai dari sulitnya membagi waktu antara keluarga dan bisnis, hingga berbagai perdebatan mengenai bisnis.

Baca Juga: Oknum Polisi di Surabaya Cabuli Anak Tirinya Sejak SD Selama 4 Tahun, Korban Trauma Berat

Hingga kemudian ia dan suami mulai mencoba membuka Kopi Soe yang berasal dari racikannya sendiri. Kopi Soe akhirnya mulai berkembang pesat hingga pada tahun 2020, telah memiliki 230 outlet di seluruh Indonesia.

Saat ini, Kopi Soe masih terus membuka sistem franchise bisnisnya dan mulai berekspansi ke berbagai kota di Indonesia salah satunya Aceh dan Ambon. Tak hanya itu, kedepannya Kopi Soe berencana untuk berkolaborasi dengan UMKM untuk mengembangkan bisnisnya. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU