Berhasil Bawa Ukraina Ukir Sejarah di Euro 2020

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 30 Jun 2021 14:36 WIB

Berhasil Bawa Ukraina Ukir Sejarah di Euro 2020

i

Andriy Shevchenko. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Andriy Shevchenko adalah seorang striker hebat yang sukses membawa Ukraina mengukir sejarah di Euro 2020. Ukraina memastikan satu tempat di babak 8 besar atau perempat final Euro 2020 usai mengalahkan Swedia di Stadion Hampden Park, Glasgow, Rabu (30/6/2021) dini hari WIB.

Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, Shevchenko merupakan pemain kelas dunia. Ia adalah seorang legenda dan dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola Ukraina.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Setelah pensiun dari sepak bola, Andriy Shevchenko sempat terjun ke dunia politik. Namun, takdir rupanya lebih memilih Sheva melanjutkan karier di sepak bola. Ia menjadi asisten pelatih timnas Ukraina dari 16 Februari 2016 hingga 15 Juli 2016. Setelah itu, ia diangkat menjadi pelatih kepala menggantikan Mykhaylo Fomenko usai gelaran Euro 2016.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Sebelumnya, Ukraina dan Swedia berbagi skor 1-1 pada waktu normal dan perpanjangan waktu. Ukraina pun menang dengan skor 2-1 dan berhak melaju ke perempat final Euro 2020. Keberhasilan lolos ke perempat final Euro 2020 merupakan pencapaian bersejarah bagi Ukraina. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Ukraina sukses menembus perempat final Piala Eropa.

Pada dua edisi Piala Eropa sebelumnya, Ukraina selalu gugur pada babak penyisihan grup. Sementara itu, dari edisi 1996 hingga 2008, mereka bahkan tak sanggup lolos ke putaran final. Kesuksesan Ukraina melangkah hingga perempat final Euro 2020 tak bisa lepas dari tangan dingin Andriy Shevchenko di kursi pelatih.

Lolosnya Ukraina sedikit terbantu oleh kekalahan 0-2 yang diderita Finlandia dari Belgia. Hal ini membuat Ukraina unggul selisih gol atas Finlandia di klasemen akhir tim peringkat ketiga terbaik. Meski "hanya" lolos sebagai tim peringkat ketiga terbaik, Ukraina nyatanya tak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Pada babak 16 besar, Swedia yang merupakan juara Grup E pun mereka singkirkan. Kini, tantangan lebih berat sudah menanti Ukraina dan Andriy Shevchenko. Pada perempat final Euro 2020, Ukraina akan menghadapi Inggris yang sebelumnya sukses menyingkirkan Jerman. Dsy16

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU