Berkat Hobi, Donny Sukses Berbisnis Komputer dan Kuliner

Donny Kris Puriyono. SP/ MLG

SURABAYAPAGI.com, Malang - Berawal dari hobi, mampu mengantarkan Donny Kris Puriyono menjadi pebisnis sukses pemilik PT WinnerTech Lintas Nusa dan pendiri bisnis oleh-oleh Malang Strudel. Dari hobi mengotak atik komputer bekas yang dibelikan ayahnya, kini Donny sukses berbisnis komputer dan kuliner.

Saat itu, sang ayah membelikan Donny komputer bekas saat dia masih duduk di bangku SPM. Dari situ, dia jadi hobi mengotak atik komputer bekasnya dan banyak membaca soal komputer. Kemudian sewaktu SMA, Donny memberanikan diri membuka usaha servis komputer dan pembuatan desain brosur.

“Pas mau ujian akhir, ada tetangga yang minta bantuan saya bikin perangkat untuk wartel (warung telepon),” ujar pria, Rabu (16/6/2021).

Usai mengerjakan pesanan membuat perangkat warteg tersebut, Donny makin mantap mengambil jurusan teknik informatika saat kuliah. Ia pun kuliah di Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI), Malang.

Sewaktu kuliah, Donny juga membuka usaha di bidang komputer. berbekal modal Rp 1 juta Donny dan tiga teman kampusnya membuka jasa rakit komputer, pengetikan hingga desain. Di sisi lain, Donny punya kesibukan sendiri membuka kursus komputer untuk anak SMP.

Selanjutnya makin kesini, Donny semakin terinspirasi untuk membuat tutorial panduan belajar dasar-dasar komputer bagi pemula dalam bentuk cakram padat (CD). Keinginan itu terwujud setelah Donny lulus kuliah pada 2004.

Untuk berbisnis CD tutorial itu, ia mengibarkan bendera usaha dengan nama Simply and Smart Interactive. Modal awal senilai belasan juta rupiah dia dapatkan dari meminjam ke orangtua. Ternyata, CD tutorial komputer buatan Donny dapat respons bagus. Bahkan bukan cuma pelajar, banyak juga sekolah yang tertarik pada CD tutorial besutan Donny.

Berangkat dari antusiasme itu, ia menciptakan berbagai macam perangkat lunak alias software untuk kebutuhan pendidikan. Mulai software laboratorium bahasa, perpustakaan, hingga manajemen sekolah yang membantu pengaturan akademis. Usahanya terus berkembang. Pada 2007, dia pun membentuk perseroan terbatas (PT) dengan nama WinnerTech Lintas Nusa.

Berkat pemasaran yang serius di media sosial, Malang Strudel berkembang pesat. Berawal dari satu gerai berukuran hanya 2x5 meter, kini Malang Strudel berbiak menjadi delapan outlet. Semua gerai ada di Malang, dengan jumlah karyawan mencapai 300 orang.

Gerai-gerai ini tidak hanya menjual strudel, tapi juga oleh-oleh khas Malang lainnya, termasuk aneka kerajinan buatan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) yang jadi mitra Malang Strudel.

“Ada lebih dari 1.000 UMKM yang bermitra dengan kami, dengan lebih dari 2.000 produk,” rinci Donny.

Atas aksinya mengangkat oleh-oleh khas Malang, Donny meraih penghargaan The Most Creative Digital Activation for City Branding dari Kementerian Pariwisata pada 2018. Dsy2