Berkat Restu Orangtua, Afida Bersyukur Raih Putri Pariwisata Nusantara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 06 Apr 2021 12:17 WIB

Berkat Restu Orangtua, Afida Bersyukur Raih Putri Pariwisata Nusantara

i

Afida Salsabila Azzahra, pemenang ajang Putri Pariwisata Nusantara 2021. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Afida Salsabila Azzahra yang merupakan jebolan pemenang Putri Pariwisata Nusantara 2021, berhasil menyisihkan puluhan putri terbaik dari seluruh nusantara. Dia sendiri awalnya dipercaya untuk mewakili Jawa Timur. Kini Afida harus mengemban amanah organisasi kepariwisataan bersama sejumlah pemuda dari berbagai daerah untuk kepentingan pendidikan hingga sosial.

Dalam praktiknya nanti sebagai putri pariwisata nusantara, Afida harus memeras otak untuk mengembalikan kejayaan destinasi wisata lokal nusantara di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang masih bergejolak.

Baca Juga: TKP2MO Kota Blitar Sidak Mamin Jelang Lebaran

Ia tampak optimistis karena dapat menjalani kesibukan tersebut. Itu terlihat dari semangat dan penuh antusias disela kesibukannya yang juga harus mengikuti jadwal perkuliahan di salah satu perguruan tinggi di Malang. "Yang jelas ini adalah pengalaman yang sangat berharga untuk saya secara pribadi. Karena bakal banyak peran penting yang harus dijalani dalam misi pariwisata," bebernya.

Selain itu, Afida juga harus menetapkan jadwal khusus untuk keluarga. Ia meyakini jika keluarga adalah lingkungan pertama yang mengantarkan dirinya hingga meraih prestasi nasional ini. Terlebih sebagai anak bungsu yang pastinya menjadi tumpuan orang tua. Untuk itu, setiap dua pekan sekali, dia harus menyempatkan waktu pulang ke Bendo. "Komunikasi via telepon itu pasti, tapi itu saja tidak cukup ya. Jadi dua minggu sekali pasti pulang," jelasnya.

Baginya, tanpa dukungan dan kontribusi dari banyak orang, pencapaiannya kini tidak mungkin terjadi. Semakin banyak rekan, berarti juga akan banyak peluang yang mampu ditemukan. Untuk itu, organisasi merupakan hal yang sangat penting untuk diikuti.

Baca Juga: Ratusan Warga Rela Antre untuk Beli Beras Murah

Tak hanya itu, menurutnya semua hal tersebut ada banyak hal positif yang bakal terbayarkan dari setiap usaha yang akan dilakukan nanti. Terutama jaringan yang menurut dia sebagai salah satu jalan untuk menapaki kehidupan yang lebih baik di masa yang akan datang.

Selain menjadi Putri Pariwisata Nusantara, kini Afida juga masih aktif dalam organisasi bhakti negeri, yang dia bersama beberapa pemuda dari beberapa daerah gagas. Organisasi ini berisi sekumpulan pemuda yang memiliki ketertarikan di bidang sumber daya manusia, UMKM, lingkungan, dan pendidikan.

Kegiatan yang biasanya dilakukan adalah advokasi. Dengan kata lain, melakukan pendampingan untuk kepentingan pengembangan SDM hingga pendidikan. Misalnya membangun atau menghidupkan perpustakaan desa hingga kegiatan-kegiatan sosial lain. Dari organisasi ini, berharap bisa memberikan kontribusi untuk masyarakat. "Aku merasa lebih bermanfaat ketika bisa berguna untuk orang lain," prinsipnya.

Baca Juga: Misteri Ledakan 3 Kali di Blitar, Bukan dari Warung yang Terbakar di Serut

Di sela-sela kesibukannya, Afida ternyata menggeluti olahraga fisik. Muaythai adalah pilihannya. Baginya hal ini penting, selain membantu menjaga berat badan, olahraga ini masuk kategori beladiri. "Jadi selain untuk kepentingan kesehatan, juga untuk melindungi diri. Apalagi untuk perempuan, itu penting sekali, " tuturnya. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU