Bertemu Pemred Media Cetak, Irjen Nico Afinta Suroboyoan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Feb 2021 21:52 WIB

Bertemu Pemred Media Cetak, Irjen Nico Afinta Suroboyoan

i

Kapolda Irjen Pol Nico Afinta bersama Pemred sejumlah media cetak termasuk Pemred Harian Surabaya Pagi (sebelah kanan Kapolda) berfoto bersama di Lobby Tribrata Polda Jatim. SP/Sisprim Polda Jatim

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta, didampingi Pejabat Utama (PJU) Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Senin (8/2/2021) sore, melakukan Silaturahmi dengan Pemimpin Redaksi (Pemred) sejumlah Media Cetak di Surabaya dan Jawa Timur, di Slasar Lobby Tribrata, Lantai 2 Mapolda Jatim.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

Para pimpinan media termasuk Pimpinan Redaksi Harian Surabaya Pagi, diterima Kapolda dan jajaran pejabat utama sejak pukul 15:00 WIB sore.

Dengan suasana gayeng, sejak awal pertemuan, Kapolda Irjen Nico sudah menyambut para Pemred Media Cetak itu dengan gaya dan bahasa Suroboyoan yang medok. “Akhire iso silahturahmi yo…,” buka Kapolda Nico di depan Pemred.

Nico mulai memperkenalkan satu persatu PJU Polda Jatim mulai Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman, Dirreskrimum Polda Jatim Kombes Pol Totok Suharyanto, Dir Intelkam Polda Jatim Kombes Pol Yuda Gustawan dan Kabid Humas Polda Kombes Pol Gatot Repli Handoko.

Usai memperkenalkan beberapa pejabat utama Polda Jatim, Irjen Nico pun langsung memaparkan beberapa program pertemuan dengan Pemred. Lagi-lagi, Irjen Nico masih merasa nyaman dengan bahasa Suroboyoan dan gaya arek Suroboyo yang tedeng aling-aling. Sesekali dicampur dengan bahasa Indonesia

“Yo ngene iki karena arek Suroboyo. Meski gak tau tugas di Suroboyo. Tapi wis kangen Suroboyo,” jelas Nico.

Bahkan, saat disinggung akan digadang-gadang menjadi Kabareskrim Mabes Polri menggantikan Jenderal Listyo Sigit yang baru saja menjadi Kapolri. Irjen Nico pun mengeluarkan candaannya. “Istilahe lek pelem iku jik alum. Jadi ben matengno disik ndek kene. Ben marikno tugasku disini,” jawab Nico. Meski begitu, sebagai prajurit, Irjen Nico pun patuh apabila tugas dari atasan.

 

Baca Juga: Polda Jatim Target Zero Accident

Hoax dan Covid-19

Setelah itu, Jenderal bintang dua ini pun memaparkan maksud silahturahmi dan komunikasi dengan Pemred media cetak. Pasalnya, hingga tahun 2021, masih banyak berita-berita tidak benar alias hoax,  yang dapat meresahkan masyarakat, selain itu juga berpengaruh kepada dunia maya maupun nyata seperti saat ini.

Selain itu, dukungan dari media ini juga sangat dibutuhkan untuk mendukung keberhasilan program Pemerintah. Seperti saat ini bersama-sama menghadapi Pandemi Covid-19.

"Saat ini banyak berita tidak benar atau hoax, sehingga ini dapat mempengaruhi kehidupan di masyarakat. Baik di dunia kaya maupun nyata. Untuk mendukung keberhasilan program pemerintah, dukungan dari teman-teman media juga sangat penting dalam menghadapi situasi saat ini," jelas Nico.

Baca Juga: Polda Jatim Sidak Sejumlah SPBU di Surabaya

Polda Jatim juga siap mendukung program pemerintah sesuai dengan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 3 tahun 2021. Tentang pelaksanaan mikro PPKM, yang mulai Selasa (9/2/2021), Jawa Timur sudah melaksanakan program tersebut yang berbasis di tingkat RT. "Kami polri khususnya Polda Jatim siap mendukung program pemerintah, sesuai dengan surat edaran mendagri. Tentang pelaksanaan mikro PPKM yang dimulai besok,"imbuhnya.

Selain itu program berikutnya yakni, memberikan pendidikan kepada masyarakat terkait dengan Pancasila. Sehingga bersama Polri, Alim Ulama, serta media, bersama-sama bisa memberikan pendidikan ke masyarakat. Karena hal ini tidak bisa dikerjakan sendiri oleh jajaran Kepolisian.

Sementara itu Eko Pamuji, Sekretaris PWI Jatim yang juga General Manager Harian Duta menyebutkan pertemuan hari ini sangat baik. Hal ini sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi antara Polda Jatim dan Media.

Media sudah menginformasikan atau memberitakan sesuai dengan trust tingkat kepercayaan yang paling tinggi. Sehingga media tidak mungkin menggadaikan trust tersebut untuk hanya untuk menulis berita hoax. "Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolda Jatim, sudah mengajak kita untuk bertemu dan memberikan waktu dan ruang untuk bisa silaturahmi dan komunikasi bersama. Selain itu untuk memerangi berita hoax, kami media siap bekerjasama dengan polda jatim untuk memerangi itu," tuturnya. nt/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU