Home / Politik Pemerintahan : Khofifah Percepat Pulang Haji tanggal 13 Juli

Besar Kemungkinan, Adhy Karyono, Dilantik Sekdaprov Jatim 15 Juli

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 12 Jul 2022 13:40 WIB

Besar Kemungkinan, Adhy Karyono, Dilantik Sekdaprov Jatim 15 Juli

i

Khofifah Indar Parawansa seusai melontar jumrah untuk nafar awal dalam ibadah haji tahun 2022/1443 H, di Mina. (foto: instagram @khofifah.ip)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, secara terbuka menyampaikan ke publik bahwa kepulangan dari ibadah haji 1443 H ke Indonesia akan dipercepat.

 

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Karyono Beber 15 Kabupaten Miskin di Jawa Timur

Yang sedianya akan pulang pada tanggal 23 Juli 2022, Khofifah, mempercepat kepulangannya terbang ke Indonesia dari tanah suci, Selasa (12/7/2022) hari ini. Dan akan tiba di Surabaya, Rabu (13/7/2022) esok.

 

Dipercepatnya kepulangan Khofifah ini menjadi perbincangan di lingkungan Pemprov Jatim, bahwa Khofifah akan melantik Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur yang baru dan definitif, setelah lebih dari 12 bulan kosong dan diisi pelaksana harian dan dilanjut penjabat Sekdaprov.

 

Sumber di beberapa pejabat Pemprov Jatim Selasa (12/7/2022) siang tadi, besar kemungkinan yang akan dilantik jadi Sekdaprov Jatim definitif adalah Adhy Karyono A.KS., M.AP., yang sebelumnya sebagai staff ahli Kementerian Sosial RI.

 

 “Bu Guberner sudah nyemistry dengan staf ahli Kemensos itu. Jadi bisa Gaspol, kayak era Pak Heru Cahyono dulu,” kata salah satu seorang pejabat SKPD Pemprov kepada SurabayaPagi.com, Selasa (12/7/2022) siang tadi.

 

Bila Adhy Karyono dipilih Khofifah, berarti menyingkirkan dua pejabat Pemprov lainnya yakni Dr. Ir. Jumadi, M.MT (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim) dan Dr. Nurkholis S.Sos, M.Si (Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral Provinsi Jatim).

 

Tiga nama itu mengerucut sebagai calon Sekdaprov Jatim berdasarkan hasil seluruh tahapan seleksi mulai dari Seleksi Administrasi, Assessment, Penulisan Makalah (Policy Brief), Wawancara dan Rekam Jejak, Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur. Surat pengumuman ini bernomor: 800/2312/Pansel-JPTM/2022.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Tegaskan Pentingnya Sinergitas Tingkatkan Capaian IKU Pemprov Jatim

 

 

Lewat Unggahan Instagram Khofifah

Sementara, terkait kabar kepulangan Khofifah ini disampaikan langsung melalui unggahan di akun instagramnya, @khofifah.ip, yang diunggahnya hari ini pada pukul 06:00 WIB.

 

Khofifah mempercepat kepulangannya dengan alasan ingin segera bekerja memimpin Jawa Timur. “Insya Allah, saya akan mempercepat kepulangan ke tanah air. Jika semula rencana kembali tanggal 23 Juli sesuai izin cuti dari Mendagri, maka jika tidak ada halangan saya akan sampai di Indonesia tanggal 13 Juli 2022. Sekembalinya, yuk kita gaspol bersama kebangkitan Jawa Timur,” tulis Khofifah, di akunnya @khofifah.ip, Selasa (12/7/2022).

Baca Juga: Pemprov Jatim Layani Mudik dan Balik Gratis Kepulauan

 

Hingga Selasa siang, unggahan kepulangan Khofifah dengan foto momen Khofifah di area jamarat usai melontar jumrah untuk nafar awal, Senin kemarin ini telah disukai 5.545 likes, dan 111 komentar.

 

Bahkan, lewat satu jam kemudian, Khofifah kembali mengunggah postingan kedua, yang menegaskan dirinya Selasa hari ini akan terbang dari Arab Saudi menuju Indonesia. Unggahan kedua disertai foto Khofifah dengan latar belakang Kawasan Mina, Mekkah, dengan pakaian yang sama dari unggahan pertama. Yaknni baju hitam dengan jilbab berwarna merah muda dan bermasker.

 

Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar. Semburat cahaya matahari terbit di Mina ini sangat cantik. Pertunjukkan alam yang tidak ada duanya karena disaksikan saat berhaji. Semoga matahari ini menjadi penanda kebangkitan Jawa Timur dari segala keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Insya Allah, hari ini Selasa (12/7) saya kembali ke tanah air. Sekembalinya di tanah air, yuk kita gaspol bersama kebangkitan Jawa Timur. Salam semangat dari Makkah,” Tulis  gubernur perempuan pertama Jatim itu. (rmc)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU