Bhumandala Award 2022, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan Nawasena

Kepala Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Soebagijo mewakili Wali Kota Mojokerto menerima perhargaan Badan Informasi Geospasial (BIG) RI Prof. Muh Aris Marfai

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto berhasil meraih penghargaan Bhumandala Nawasena tahun 2022, berdasarkan monitoring dan evaluasi oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) di Hotel Borobudur.

Penghargaan diserahkan dalam forum Bhumandala Award tahun 2022 – Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial, yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (24/11).

Penyerahan perhargaan diberikan langsung oleh Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI Prof. Muh Aris Marfai, dan diterima oleh Kepala Kepala Bappeda Litbang Kota Mojokerto Agung Moeljono Soebagijo.

Apresiasi dua tahunan ini diberikan kepada Kota Mojokerto yang dinilai berhasil dalam mengimplementasikan seluruh elemen infrastruktur informasi geospasial dengan sangat baik dalam memanfaatkan data dan informasi spasial dalam perencanaan pembangunan.

Selain itu, diharapkan dapat menjadi motivasi dalam penyelenggaraan informasi geospasial agar terselenggara secara tertib, terukur, dan terintegrasi.

"Jangan pernah lelah untuk mengembangkan informasi geospasial yg lebih baik di Indonesia," ujar Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) RI Prof. Muh Aris Marfai.

Hal tersebut sebagai bentuk implementasi Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional serta Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, yang menuntut komitmen bahwa penyelenggaraan Informasi Geospasial harus memenuhi standar data, memiliki metadata yang baku serta memenuhi kaidah interoperabilitas data.

Sebagai informasi, selain Kota Mojokerto, pemerintah kota yang juga menerima penghargaan kategori ini adalah Pemkot Pare-pare dan Padangpanjang. Pada tingkat pemkab terdapat Kotabaru, Bangkalan, Berau, dan Tabalong. Dan untuk provinsi, antara lain Papua, Aceh, dan Lampung.

Penghargaan Bhumamdala diberikan tidak hanya pada pemerintah daerah, melainkan juga kepada kementerian, lembaga, dan individu. Selain kategori Bhumandala Nawasena, juga terdapat kategori penghargaan Bhumandala - Nama Rupabumi, Bhumandala Kanaka, Bhumandala Rajata, dan Bhumandala Ariti. Dwi