Biang Keladi Kegagalan Jerman, Toni Kroos Akan Pensiun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Jul 2021 10:33 WIB

Biang Keladi Kegagalan Jerman, Toni Kroos Akan Pensiun

i

Toni Kroos. SP/ UEFA

SURABAYAPAGI.com, Munich – Timnas Jerman yang menjadi salah satu kandidat juara Euro 2020 harus gugur di babak 16 besar karena kalah 0-2 dari Inggris. Kegagalan tersebut tak lepas dari Toni Kroos yang menjadi biang keladi kegagalan Jerman tersebut.

Legenda Jerman sekaligus mantan Presiden Bayern Munich, Uli Hoeness menilai Kroos menghambat serangan Jerman. Menurutnya, gaya main Kroos yang sering melepas umpan ke sisi lapangan tak cocok dengan sepakbola modern yang bermain lebih direct mengandalkan kecepatan.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

"Saya sangat menyukai Kroos, dia menampilkan beberapa penampilan kelas dunia dan hebat di Bayern, tetapi gaya permainannya sudah ketinggalan zaman. Harus dikatakan bahwa Kroos tidak cocok dalam sepakbola modern dengan umpan horizontalnya," ujar Hoeness, Senin (12/7/2021).

"Sepakbola sekarang dimainkan secara vertikal. Pemain mengambil bola dan membawanya ke depan dengan kecepatan."

"Itu terlihat mengerikan saat menghadapi Inggris. Kami tertinggal 1-0 di 15 menit terakhir laga dan Kroos berhenti melewati garis tengah."

"Gaya mainnya benar-benar sudah tak terpakai. Dia mengirim bola ke samping lagi, ke samping lagi, dan kemudian pertahanan lawan sudah terorganisir," tambahnya.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Hoeness juga menyebut formasi 3-4-2-1 yang dikembangkan oleh pelatih Jerman, Joachim Loew, hanya untuk mengakomodir peran Kroos. Bagi Hoeness, ini adalah blunder besar dari Loew karena Jerman dianggapnya bakal lebih baik jika bermain dengan empat bek tanpa Kroos di lini tengah.

Kritik Hoeness ini ternyata membuat kuping Kross panas. Gelandang 31 tahun ini mengecam balik Hoeness lewat kicauan di akun Twitter. Ia menyinggung Hoeness yang disebutnya tak kompeten sebagai di saluran TV Jerman, RTL.

"Uli Hoeness adalah seorang pria dengan pengetahuan soal sepakbola yang hebat (bahkan jika itu tidak cukup baik untuk RTL), dengan sedikit ketertarikannya pada kontroversi dan berusaha untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Itu mirip dengan orang yang mengurus lapangannya," tulis Kroos.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Hoeness dipastikan takkan melihat Kroos lagi berseragam Jerman lantaran Toni Kroos juga belum lama ini berbicara soal rencana pensiun sebagai pemain sepak bola professional.

Dirinya baru saja mengaku kalau kariernya sebagai pemain sepak bola profesional tidak akan lama lagi. Di usia yang masih menginjak 31 tahun, dirinya mengaku bakal pensiun pada 2023 mendatang. Dsy6

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU