Bikin Geger! Dua Pesawat Tempur TNI AU Jatuh dan Meledak di Wilayah Pasuruan, Begini Faktanya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Nov 2023 14:32 WIB

Bikin Geger! Dua Pesawat Tempur TNI AU Jatuh dan Meledak di Wilayah Pasuruan, Begini Faktanya

i

Tangkap layar video warga yang menggambarkan pesawat TNI AU yang jatuh di kawasan Pasuruan, Kamis (16/11/2023). SP/ PSR

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Warga di di kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru (TNBTS). Tepatnya di Desa Keduwung, Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan sempat digegerkan adanya pesawat TNI yang tiba-tiba jatuh dan meledak di tempat kejadian pada Kamis (16/11/2023).

Kejadian tersebut pun, dibenarkan oleh Marsekal TNI Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) membenarkan insiden jatuhnya dua pesawat di wilayah Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: Ambil Jalur Hukum, Gideon Tengker Tak Masalah Rieta Amilia, Nagita-Caca Tengker di Penjara

“Betul (di Pasuruan, red) dan ada dua (pesawat tempur),” kata Marsekal Fadjar.

Dua pesawat yang jatuh tersebut adalah pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano milik TNI Angkatan Udara (AU).

Saat ini, pihak TNI AU masih menyelidiki peristiwa tersebut. Termasuk soal kemungkinan adanya prajurit yang menjadi korban, penyebab jatuhnya pesawat, serta kronologi peristiwa.

Baca Juga: Pasca Pemilu, Kapolres Pasuruan Sowan ke Beberapa Pondok Pesantren

Dua pesawat TNI AU yang jatuh itu diketahui masing-masing unit dengan nomor registrasi TT-3111 dan TT-3103. 

Dikonfirmasi terpisah, Polres Pasuruan membenarkan informasi tersebut. "Infonya memang seperti itu," kata Humas Polres Pasuruan, Kamis (16/11/2023).

Namun sayang, sejauh ini pihak Polres Pasuruan belum dapat menjelaskan detail kronologi jatuhnya pesawat tersebut. Pihak Polres juga belum mengetahui jumlah korban jiwa dalam peristiwa ini.

Baca Juga: Viral Poster Menteri ‘Kabinet Indonesia Emas’ Beredar di Medsos, TKN Prabowo: Sumber Tidak Jelas

Sebelumnya, sempat beredar sejumlah video amatir yang direkam warga sekitar menunjukkan kondisi pesawat hancur. Sempat terjadi ledakan beberapa saat setelah pesawat jatuh.

Rekaman video amatir yang memperlihatkan dua pesawat jatuh ini menjadi viral di media sosial. "Barusan kejadian ada pesawat TNI AU TT-3103 jatuh di desa sebelah," tulis akun @bukanmimb.

Di salah satu video, terlihat sayap bagian ekor pesawat. Pada sayap tersebut terdapat Bendera Merah Putih dan nomor seri pesawat, TT-3103. Selain itu, tampak logo pentagon atau segi lima pada bagian ekor pesawat. Belum ada informasi resmi terkait jatuhnya pesawat tersebut. psr-01/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU