Bisnis Perhotelan Lesu Karena Pandemi Covid-19

Suasana Hotel Grand Surabaya pada Senin, (13/09/2021). 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari 1,5 tahun telah melumpuhkan sektor ekonomi di Indonesia. Hal tersebut diperparah saat penerapan PPKM darurat yang diperpanjang secara berkala.

Para pelaku usaha di bidang pariwisata khususnya perhotelan bahkan sempat menutup usaha karena aturan pemerintah yang melarang tempat wisata untuk buka. Tak pelak, pendapatan para pengusaha di bidang perhotelan yang memanfaatkan kunjungan para wisatawan menjadi anjlok.

"Jelas kami mendapatkan banyak penurunan, bahkan sampai merumahkan beberapa pegawai yang ada," tutur Avan perihal cara mengatasi sepinya pengunjung di Hotel Grand Surabaya pada Surabaya Pagi. 

Kondisi tersebut juga dirasakan oleh pihak hotel yang lain. 

Avan mengatakan bahwa pihak hotel telah menjalankan protokol kesehatan terhadap karyawan dan pengunjung yang memasuki wilayah hotel, untuk menghindari penyebaran covid 19 pihak hotel juga menyediakan tes suhu, hand sanitizer, tempat cuci tangan, dan mewajibkan untuk tes rapid (pada saat PSBB yang lalu) atau memberikan bukti telah melakukan vaksinasi. 

Meski begitu masih banyak pengunjung yang takut untuk memasuki wilayah hotel, bahkan gedung yang biasanya digunakan untuk beberapa acara seperti wedding dan rapat kedinasan sudah lama tidak beroperasi. 

Usaha pemerintah untuk membantu pihak hotel dirasa masih kurang efektif, bantuan tersebut berupa insentif biaya pajak selama 2 bulan pada awal pandemi Covid 19 tahun 2020. Ge