BKSDA Jember Lepasliarkan 40 Monyet Ekor Panjang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Agu 2020 10:00 WIB

BKSDA Jember Lepasliarkan 40 Monyet Ekor Panjang

i

Pelepasliaran 40 monyet ekor panjang di Pulau Nusa Barong Jember, Jawa Timur, Minggu, 16 Agustus 2020. SP

SURABAYAPAGI.com, Jember - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember bersama Jakarta Animal Aid Nation (JAAN) dan Pemerintah Kabupaten Jember melepasliarkan 40 monyet ekor panjang di Suaka Margasatwa Pulau Nusa Barong yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu, 16 Agustus 2020.

Puluhan monyet itu juga sudah menjalani pemeriksaan kesehatan di Cikole Lembang sebelum dibawa ke Pulau Nusa Barong.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Dokter hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan melakukan pemeriksaan lagi sebelum dilepasliarkan. "Kondisinya semua sehat," tuturnya.

"Monyet ekor panjang yang dilepasliarkan tersebut adalah hasil penyerahan dari masyarakat yang sebelumnya dipekerjakan sebagai topeng monyet di sejumlah kota-kota besar," kata Kepala BKSDA Wilayah III Jember Setyo Utomo di Jember.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Sebelum dilepasliarkan, puluhan monyet ekor panjang tersebut ditangkarkan oleh JAAN di Cikole Lembang, Bandung, Jawa Barat, selama dua tahun agar bisa beradaptasi dengan habitatnya di alam bebas.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember Nana Suminarsih mengatakan pihaknya membantu BKSDA untuk melepasliarkan puluhan monyet ekor panjang di Suaka Margasatwa Pulau Nusa Barong dan sekitarnya.

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

"Marilah kita kembalikan hewan ke habitat aslinya karena monyet ekor panjang itu tempatnya di alam bebas dan tidak dipekerjakan sebagai topeng monyet," katanya. Dsy2

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU