Blusukan ke Kampung Ajak Masyarakat Terapkan Prokes

Seorang prajurit TNI ini tengah bosan untuk Kampanyekan taat prokes, dan memberi masker kepada pedagang. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Meski pemerintah tidak jadi menetapkan PPKM level 3 pada akhir Desember 2021, namun hal itu tidak membuat jajaran di bawah kendor dalam mensosialisasikan dan himbauan untuk menerapkan prokes. Seperti yang dilakukan oleh anggota TNI di Lamongan.

Berbekal masker yang dibawahnya, Serma Mutahin anggota Koramil Kembangbahu Lamongan ini, melaksanakan kegiatan patroli di tempat - tempat keramaian, mulai warkop, pasar, dan keramaian lainnya di wilayah binaan  Kecamatan Kembangbahu, Lamongan.

 

Di pasar kata Serma Muntahin, ia mengecek para pedagang dan pembeli. "Kalau ada pedagang dan pembeli tidak memakai masker, saya langsung tegur untuk segera memakai masker. Kalau tidak bawa yang kami berikan," ujarnya.

Makanya lanjut dia, setiap kali terjun langsung ke masyarakat, ia selalu menyiapkan kebutuhan, salah satunya membawa masker untuk antisipasi agar ketika di masyarakat ada yang tidak pakai masker, masker ini bisa diberikan. 

"Jadi tidak sekedar kita ini bicara dan minta mereka taat prokes, ya kami ini juga harus sudah siapkan masker kalau memang masyarakat benar-benar tidak punya masker," ujarnya.

Pelaksanaan patroli yang dibarengi dengan Komunikasi Sosial (Komsos) itu seperti disampaikan Serma Muntahin adalah untuk mempererat tali silaturahim dan kerja sama yang baik, agar hubungan Babinsa makin erat. Sehingga pada akhirnya masyarakat di wilayah, mendukung tugas pokok Babinsa menjaga di wilayah binaan.

Disebutkan olehnya, dalam komsosnya ia selalu mengatakan  banyak hal positif yang dirasakan dalam setiap kegiatan ke masyarakat langsung. Salah satunya bisa saling tukar pikiran dan berbagi pengalaman serta sambil bercanda, sehingga situasi benar-benar hangat dan menyenangkan.

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kebersamaan untuk membangun kemanunggalan TNI dan Rakyat, masyarakat juga masih tetap taat prokes, sehingga secara bersama-sama memutus rantai penyebaran covid," ujarnya. jir