BMKG Perak : Gelombang 2,5 M Lebih Terjadi di Selatan Perairan Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 22 Des 2020 14:44 WIB

BMKG Perak : Gelombang 2,5 M Lebih Terjadi di Selatan Perairan Jatim

i

Caption: Perkiraan cuaca BMKG Tanjung Perak. SP/dokumen BMKG Tanjung Perak

SURABAYAPAGI,Surabaya - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi hingga mencapai lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jawa Timur. 

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Tanjung Perak Sutarno menyampaikan, tingginya gelombang tersebut disebabkan karena adanya curah hujan yang cukup tinggi di perairan tersebut.

Baca Juga: BMKG Warning Ketinggian Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

"Perkiraan cuaca hari ini di perairan Jatim berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Khusus selatan Jawa Timur cukup tinggi, kalau utara masih aman. (...) Karena adanya gangguan la nina juga," kata Sutarno saat dijumpai di kantor BMKG Tanjung Perak Surabaya, Selasa (22/12/2020).

Kepada para nelayan, khususnya yang menggunakan kapal-kapal kecil Sutarno sampaikan untuk selalu berhati-hati dan melakukan perencanaan sebelum melaut.

Gelombang tinggi lainnya juga terjadi di sepanjang selat madura. Rata-rata tingginya gelombang berada di angka 0,3 meter hingga 1,5 meter. Sementara untuk laut Jawa bagian timur berada di angka 0,5 meter hingga 1,8 meter.

Baca Juga: BMKG: Waspada Gelombang Laut di Perairan Jatim Capai 4 Meter

Untuk arah angin lanjutnya, masih didominasi angin dari selatan sampai barat daya. 

"Kecepatan angin di laut jawa bagian timur sebesar 16 knot atau 30 km/jam a samudra hindia jatim sebesar 12 knot atau 23 km/ jam," ucapnya

Baca Juga: BMKG Prediksi Gelombang 4 Meter Hajar Laut Jatim 2 Hari Kedepan

Saat ditanyai mengenai puncak ekstrim cuaca, ia mengaku akan terjadi pada bulan Januari hingga Februari 2021 mendatang. Diharapkan masyarakat selalu memantau peringatan dini yang selalu diupdate oleh BMKG.

"Kita punya WAG, jadi segala informasi terkait cuaca dan peringatan dini akan selalu kita share di sana," tukasnya.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU