BMKG Warning Ketinggian Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 28 Jul 2021 12:31 WIB

BMKG Warning Ketinggian Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

i

Ilustrasi gelombng laut. SP/Pixabay

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak mengeluarkan peringatan dini bahaya gelombang tinggi yang mencapai 6 meter di wilayah perairan selatan Jawa Timur (Jatim).

Peringatan dini tersebut berlaku mulai hari ini pukul 07.00 WIB hingga Kamis (29/07/2021) pukul 07.00.

Baca Juga: Tuban Diguncang Gempa, Warga Surabaya dan Sidoarjo Rasakan Getaran, BMKG: Waspada Susulan

Koordinator Bidang Observasi dan informasi BMKG Tanjung Perak Sutarno menyampaikan, tingginya gelombang ini diakibatkan oleh munculnya awan cumulonimbus (Cb) yang luas dan gelap di wilayah tersebut sehingga menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang.

Ketinggian gelombang kata Sutarno, diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan. Sementara untuk gelombang maksimum dapat mencapai 2 kali ketinggian gelombang signifikan.

"Tinggi gelombang di perairan Selatan Jatim cukup ekstrim yaitu 6 meter dan di Samudera Hindia juga sama, mencapai 6,25 meter. Oleh karena itu dimohon selalu memperhatikan resiko keselamatan pelayaran," kata Sutarno kepada Surabaya Pagi, Rabu (28/07/2021).

Untuk pola angin di wilayah Indonesia bagian utara, dominan bergerak dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. Sementara di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur menuju Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 20 knot. 

Berbeda dengan wilayah perairan selatan Jatim, di perairan seperti perairan utara Madura, Laut Jawa utara Bawean, laut Jawa timur Masalembo dan perairan Sapudi memiliki ketinggian gelombang sedang atau 2,5 meter.

Mengingat gelombang yang tinggi, BMKG Tanjung Perak pun mengingatkan kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal barang untuk selalu berwaspada.

Baca Juga: Gempa 6,1 M Guncang Tuban Siang Ini, Terasa Sampai Surabaya hingga Yogyakarta

Adapun saran keselamatan berlayar dari BMKG adalah sebagai berikut: 

1. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

2. Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

3. Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m).

Baca Juga: BMKG: Waspada dan Selalu Mengupdate Informasi Cuaca Ketika akan Melaut

4. Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). 

Selain saran keselamatan berlayar, BMKG Tanjung Perak juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk selalu berwaspada dan selalu mengupdate informasi terkait cuaca perairan laut.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisisr sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," katanya mengingatkan.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU