BMKG: Waspada Gelombang Laut di Perairan Jatim Capai 4 Meter

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Jun 2021 11:46 WIB

BMKG: Waspada Gelombang Laut di Perairan Jatim Capai 4 Meter

i

Peringatan dini tinggi gelombang yang mencapai 4 meter di perairan Jatim. SP/BMKG Tanjung Perak

SURABAYAPAGI, Surabaya - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Maritim Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang mencapai 4 meter di wilayah perairan Jawa Timur (Jatim). Peringatan ini berlaku mulai 16 Juni besok hingga 17 Juni 2021.

"Waspada gelombang tinggi mencapai 4 meter akan terjadi di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim," kata kata Koordinator Bidang Observasi dan informasi BMKG Tanjung Perak Sutarno melalui pesan singkat, Selasa (15/06/2021).

Baca Juga: Wilayah Pesisir Diminta Waspadai Banjir Rob

Ketinggian gelombang kata Sutarno diperkirakan berdasarkan gelombang signifikan. "Untuk gelombang maksimum bisa 2 kali dari gelombang signifikan," ujarnya

Gelombang signifikan dari suatu perairan biasanya digunakan para pelaut untuk mengetahui kondisi gelombang di perairan tersebut, dimana gelombang tinggi akan menyulitkan navigasi.

"Keberadaan awan cumulonimbus yang luas dan gelap bisa menambah kecepatan angin dan tinggi gelombang," tambahnya.

IMG-20210615-WA0004IMG-20210615-WA0004

Sementara untuk arah angin sendiri didominasi dari barat daya dan barat laut dengan kecepatan maksimum angin di laut Jawa bagian timur sebesar 24 knot (44 km/jam) dan samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knots (34 km/jam).

Selain gelombang 4 meter di perairan selatan Jatim, gelombang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter juga terjadi di perairan utara Madura, Perairan Tuban-Lamongan, laut Jawa bagian timur dan barat Masalembu serta laut Jawa bagian selatan dan utara Bawean.

Baca Juga: BMKG Warning Ketinggian Gelombang Laut di Perairan Jawa Capai 6 Meter

Mengingat gelombang yang tinggi, BMKG Tanjung Perak pun mengingatkan kepada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal barang untuk selalu berwaspada.

Adapun saran keselamatan berlayar dari BMKG adalah sebagai berikut: 

1. Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m).

2. Kapal tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Baca Juga: Awal Maret, Gelombang Perairan Laut Jatim Capai 4 Meter

3. Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m).

4. Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). 

Selain saran keselamatan berlayar, BMKG Tanjung Perak juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai untuk selalu berwaspada dan selalu mengupdate informasi terkait cuaca perairan laut.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," katanya mengingatkan.sem

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU