Bola 'Gol Tangan Tuhan' Maradona Dilelang Rp36 Miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Nov 2022 15:13 WIB

Bola 'Gol Tangan Tuhan' Maradona Dilelang Rp36 Miliar

i

Bola "Gol Tangan Tuhan" Maradona. Foto:AFP/Isabel Infantes.

SURABAYAGI.COM, Inggris – Pesepak bola legenda Diego Armando atau Diego Maradona telah meninggal dunia sejak 25 November 2020 lalu. Namun, namanya teptap abadi sebagai legenda sepak bola.

Diego Maradona pernah mencetak gol dengan tangannya saat Argentina mengalahkan Inggris 2-1 pada Piala Dunia 1986. Insiden itu masuk dalam peristiwa bersejarah sepanjang Piala Dunia digelar. Bahkan momen itu mendapatkan julukan Gol Tangan Tuhan Maradona.

Saat ini, bola yang digunakan mendiang Maradona untuk menciptakan 'Gol Tangan Tuhan' itu dijual seharga £2 juta (Rp36 miliar) pada Rabu (16/11/2022) waktu setempat.

Sebelumnya, bola warna putih merk Adidas 'Azteca', yang dimiliki oleh wasit Tunisia pemimpin pertandingan itu, Ali Bin Nasser, itu diperkirakan akan terjual hingga £3 juta (Rp54 miliar) ketika dilelang di Rumah Lelang Graham Budd yang berbasis di Inggris.

Lelang bola itu dilakukan enam bulan setelah jersey yang dikenakan Maradona pada pertandingan perempat final bersejarah di Mexico City tersebut terjual di pelelangan dengan harga hampir USD9,3 juta (Rp139 miliar) - lebih dari dua kali nilai yang diprediksi oleh balai lelang Sotheby.

Motif bola yang terinspirasi dari arsitektur dan mural peradaban Aztec itu telah digunakan selama 90 menit penuh pada pertandingan 1986 antara Argentina dan Inggris. Penggunaan satu bola dalam pertandingan diterapkan selama bertahun-tahun sebelum peraturan sistem multi-bola diberlakukan di sepak bola.

Dikutip dari Antara, pertandingan antara Argentina dan Inggris memanas karena telah terjadi Perang Falklands pada 1982. Pertandingan itu ditentukan oleh dua gol yang dicetak oleh mendiang Maradona yang meninggal gagal jantung di usia 60 tahun pada November 2020.

Maradona mencetak gol pertama dalam kotak penalti, melompat bersama Peter Shilton penjaga gawang Inggris dan menendang bola ke gawang.

Dia mengatakan gol yang dicetak itu “sedikit dengan kepala Maradona, sedikit dengan tangan Tuhan”.

Sementara itu, gol yang kedua terjadi hanya empat menit kemudian saat Maradona melaju melewati lima pemain Inggris dan kiper Shilton untuk mencetak 'Gol Abad Ini', menurut jajak pendapat FIFA tahun 2002.

Argentina memenangkan pertandingan 2-1 setelah wasit Bin Nasser tidak menganulir gol pertama Maradona yang kontroversial itu. Argentina akhirnya menjuarai Piala Dunia 1986.

Seperti dilansir AFP, wasit Bin Nasser merasa sudah waktu yang tepat untuk membagikan barang itu kepada dunia. Ia juga berharap, agar pembeli nantinya akan memajang di depan umum. ing

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU