Boyong Sembilan Medali, Kontingen Jember Raih Posisi Lima Besar di PEPARPEDA Jatim

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Nov 2022 12:56 WIB

Boyong Sembilan Medali, Kontingen Jember Raih Posisi Lima Besar di PEPARPEDA Jatim

i

Bupati Jember, Hendy Siswanto saat melepas atlet untuk mengikuti ajang Pekan Paralimpik Pelajar Daerah Jawa Timur. Foto: Dok. Pemkab Jember.

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Kontingen Kabupaten Jember berhasil memperoleh Sembilan medali dalam Pekan Paralimpik Pelajar Daerah Jawa Timur yang digelar di Sidoarjo, 14-16 November 2022. Dengan hasil tersebut, Kabupaten Jember menempati peringkat lima besar diantara 38 Kontingen yang mengikuti ajang tersebut.

Sebanyak 15 atlet yang diseleksi dari 60 orang dikirimkan untuk mengikuti ajang ini. Adapun empat Cabang Olah Raga (Cabor) yang dipertandingkan yakni Badminton, Tenis Meja, Atletik dan renang.

Baca Juga: JFC 2023 Tingkatkan Okupansi Hotel di Jember Sampai 100 persen

Rincian perolehan medali yang diraih yaitu tiga medali emas, dua perak, dan empat perunggu. Medali emas disumbangkan oleh Rafi Raidul Islam di cabang olahraga renang netra gaya bebas 50 meter, Rama Dani di cabor renang daksa gaya bebas 50 meter, dan ganda campuran cabor bulu tangkis tuna rungu wicara Kamelia Siti Nur Holisah dan Muhammad Farhan Yanuar.

Sementara medali perak diraih oleh Sultan Dzakky A untuk cabor renang tuna rungu wicara gaya dada 50 meter dan Chayla Hoirun Nisa untuk cabor renang intelektual gaya dada 50 meter. Sedangkan untuk perunggu diperoleh dari cabor tenis meja atas nama Feeoly Ardiansyah Handoko untuk atlet tunggal tuna rungu wicara, cabor bulu tangkis atas nama Kamelia Siti Nur Holisah untuk tunggal tuna rungu wicara, cabor renang atas nama Chayla Hoirun Nisa untuk kelas 50 meter gaya dada, dan cabor atletik tolak peluru atas nama Reza Agus Setiawan.

Ketua National Paralympic Committe Indonesia (NPCI) Jember Kusbandono mengatakan bahwa hasil ini telah melampaui target yang diharapkan sebelumnya.

Baca Juga: Jember Fashion Carnival 2023 Gerakkan Ekonomi UMKM

“Ini melampaui target kami yang hanya mematok empat medali. Renang bikin kami terkejut, karena empat atlet dapat lima medali,” ujarnya, Kamis (17/11/2022).

Kusbandono pun mengucapkan terimakasih atas kerja keras dari para atlet dan seluruh stakeholders mulai Bupati Jember, Dispora, pelatih, dan pihak-pihak yang telah memberikan sumbangsih agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Budaya Petik Laut Gerakkan Perekonomian Masyarakat Jember

Usai mencatat prestasi ini, NPCI akan memfokuskan pembinaan cabor yang berpotensi tinggi, seperti di klasifikasi netra dan intelektual.

“Kendala utama adalah pembinaan yang membutuhkan tenaga ekstra, seperti pendampingan guru dan orang tua. Tapi kami atasi dengan swadaya dan bantuan dari para tokoh masyarakat yang mau berperan aktif,” pungkas Kusbandono. jbr

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU