BPBD Lumajang Berhasil Evakuasi 15 Pendaki

Para pendaki menunggu petugas untuk dievakuasi. SP/Lim

 

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Sebanyak 15 orang pendaki di Gunung Lemongan di Desa Papringan Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang berhasil diselamatkan TRC BPBD Lumajang pada Jum’at (1/1) malam sekitar pukul 00.21 WIB menuju Pos Laskar Hijau.

Ke 15 orang tersebut sebelumnya dikabarkan mengalami permasalahan saat perjalanan turun. Dari informasi yang didapat, rombongan pendaki tersebut kekurangan logistik.

Atas dasar Informasi yang dihimpun BPBD Lumajang, mereka awalnya berjumlah 15 orang asal Dusun Jrebeng Lor Desa Kedopok Kecamatan Probolinggo pada 30 Desember 2020 sekitar pukul 02.00 WIB melakukan pendakian melalui jalur Konservasi Laskar Hijau.

“Disekitar pukul 04.30 mereka tiba di Pos Waru Gede dan mendirikan tenda untuk bermalam,” Kata Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Mohammad Wawan Hadi Siswoyo, Sabtu (2/1/2020) ketika dikonfirmasi awak media

Wawan  menjelaskan, pada hari Kamis 31 Desember 2020 sekitar pukul 07.00 WIB 15 orang tersebut melakukan pendakian  ke Puncak Gunung Lemongan. “Sekitar pukul 04.00 WIB mereka sampai di puncak Gunung Lemongan dan mendirikan tenda,” ujarnya.

"Setelah sampai  di puncak, 15 pendaki sekitar pukul 17.00 WIB melakukan perjalanan turun dengan kondisi pembekalan menipis. Namun, ditengah perjalanan, mereka sudah kehabisan logistik. Bahkan, dua di antara pendaki itu mengalami sakit dan pusing-pusing. Akhirnya salah satu pendaki bernama Fitri menghubungi petugas BPBD Lumajang untuk meminta bantuan,” terang Wawan.

Setelah mendapatkan laporan dari salah satu pendaki, petugas TRC BPBD Lumajang bergerak cepat menuju lokasi ke Gunung Lemongan.

Pada hari Jumat 01 Januari 2021 Pukul 00.21 WIB TRC BPBD Kab. Lumajang berhasil mencapai rombongan di sekitar Guci dan memberikan pertolongan dan pendistribusian logistik. Kemudian dilanjutkan ke pos konservasi laskar hijau.

“Alhamdulillah pukul 06.45 pagi proses evakuasi 15 pendaki berjalan lancar dan kondisi pendaki semua selamat,” jelas Wawan. Lim