BPBD Pamekasan Himbau dan Ajak Masyarakat Tanggap Bencana

Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus. SP/ BJ

SURABAYAPAGI.com, Pamekasan - Memasuki musim penghujan pada tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pamekasan selalu gencar dalam mengingatkan sekaligus menghimbau masyarakat agar selalu waspada atas berbagai bencana alam, misalnya banjir karena hujan.

Kepala BPBD Pamekasan, Akmalul Firdaus juga mengimbau agar masyarakat dapat menginformasikan beragam potensi bencana kepada aparat terdekat, mulai dari aparat tingkat desa hingga instansi yang dipimpinnya.

“Mari kita bersama tingkatkan kewaspadaan terhadap berbagai bencana alam, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah yang berpotensi bencana. Tidak kalah penting, jika terjadi bencana segera hubungi aparat pemerintah terdekat atau langsung ke BPBD,” katanya, Senin (7/12/2020).

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan sudah menyiapkan tim untuk mengantisipasi sekaligus menanggulangi bencana di Pamekasan. Di antaranya dengan melibatkan sejumlah personel gabungan lintas instansi dan dibuktikan dengan kegiatan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Nagara Bhakti Kompleks Mandhapa Agung Ronggosukowati, Jl Pamong Praja Nomor 1, Kamis (3/12/2020).

“Sebelumnya kami juga sudah menyampaikan pemetaan bencana alam di Pamekasan, termasuk wilayah potensial bencana alam saat memasuki musim penghujan. Semisal bencana angin kencang, longsor, banjir hingga genangan air,” jelasnya.

Apel gabungan yang digelar dalam rangka Kesiapsiagaan Bencana Alam di kabupaten Pamekasan, melibatkan personil dari unsur TNI-Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan (Dishub), Palang Merah Indonesia (PMI), Pramuka, Tagana Dinsos, Saka Wira Kartika, serta sejumlah relawan lainnya di kabupaten Pamekasan.

“Apel Gelar Pasukan itu digelar dalam rangka kesiapsiagaan terhadap berbagai jenis bencana alam yang mungkin terjadi di kabupaten Pamekasan, khususnya memasuki musim penghujan seperti saat ini,” pungkas pria yang akrab disapa Akmalul. dsy9