BPBD Provinsi Kaji Jalan Payung 1 yang Retak dan Ambles

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 15 Feb 2021 11:14 WIB

BPBD Provinsi Kaji Jalan Payung 1 yang Retak dan Ambles

i

Petugas saat memeriksa jalanan di sekitar Jalan Brigjen Moh Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Batu - Jalan Brigjen Moh Manan (Payung 1), Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu mengalami retakan di tiap jalan dan tanah ambles. Karena hal tersebut, BPBD Provinsi akan berencana mengkaji retakan dan tanah ambles tersebut.

Koordanator TRC BPBD Kota Batu, Suhartono mengatakan bahwa, kejadian tersebut berawal dari  informasi warga bahwa ada retakan dan tanah ambles di sepanjang area warung Payung I.

Baca Juga: Pemkot Batu Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Tekan Inflasi

"Retakan itu sudah lebih 2 minggu terakhir. Dimensi rertakan bervariasi, antara panjang 46 meter, lebar retahan mulai 3 sentimeter sampai 15 sentimeter. Akibatnya struktur bangunan retak dan rusak. Sepanjang pinggir jalan area warung juga ada retakan dan tanah ambles," ujarnya, Senin (15/2/2021).

"Jalan mengalami keretakan sepanjang 15 meter. Bahu jalan mengalami penurunan dengan level sekitar 10-15 cm dari jalan raya. Dan bahu jalan mengalami keretakan sepanjang 75 m dengan dimensi keretakan bervariasi hingga 15 cm," imbuhnya.

Baca Juga: Jumlah Kasus DBD di Kota Batu Melonjak

Retakan itu juga menyebabkan kerusakan di beberapa warung. "Ada 3 Warung bagian kamar mandi mengalami retakan bangunan yang parah," ujarnya.

Pihaknya juga telah melakukan pemasangan rambu rawan longsor di sepanjang jalur Payung. Kemudian melakukan pemantauan berkala area jalan yang retak terutama setelah hujan.

Baca Juga: Pemkot Batu Terapkan Berbagai Program untuk Turunkan Stunting

"Maka dari itu, saya mengimbau kepada pedagang di sekitar payung 1 untuk waspada dan berkoordinasi jika terjadi retakan tanah lebih besar lagi," ujarnya. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU