BTS Meal Kian Viral di Berbagai Negara, Indonesia Ricuh

BTS Meal Resmi Tersedia di McDonalds Indonesia. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dilansir dari Forbes, strategi McDonald's melalui kolaborasi dengan BTS ini diproyeksi bakal menghasilkan keuntungan hingga miliaran rupiah. Hal tersebut tercermin dari kolaborasi McDonald's dengan beberapa publik figur kenamaan yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan.

Sebelumnya, McDonald's tela melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada bulan September lalu. Produk hasil kolaborasi yang berisi minuman Sprite ukuran medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque, Kamis (10/6/2021).

Sebelumnya, McDonald's tela melakukan kolaborasi dengan rapper Travis Scott pada bulan September lalu. Produk hasil kolaborasi yang berisi minuman Sprite ukuran medium, burger quarter-pounder, serta kentang goreng dengan saus barbeque.

Penjualan paket makanan hasil kolaborasi dengan BTS pun diproyeksi bakal melampaui hasil penjualan paket makanan kolaborasi sebelumnya. Sebab, popularitas BTS saat ini bisa dikatakan lebih besar dibandingkan dengan kedua publik figur sebelumnya.

Pasalnya, BTS diketahui memiliki basis penggemar yang cukup besar, terlihat dari jumlah pengikut mereka di Twitter yang mencapai 34,5 juta Sementara Scott dan Balvin memiliki jumlah pengikut di Twitter sebanyak 20,1 juta. BTS sendiri merupakan salah satu grup dengan bayaran termahal di dunia.

Berdasarkan catatan Forbes, BTS menduduki posisi ke 47 dalam Forbes 2020 Celebrity 100, sementara Scott berada di posisi nomor 82.

Namun, akibat laku kerasnya BTS Meal tersebut membuat banyak kerumunan yang mengantri hingga kericuhan di tengah pandemi Covid-19.

Lokasi BTS Meal di Berbagai Negara:

BTS Meal akan tersedia di hampir 50 wilayah di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, Kanada, Indonesia, Singapura, Hongkong, Australia dan banyak lagi.

Menurut siaran pers, BTS Meal dirancang sesuai dengan preferensi BTS sendiri.

Ini akan berisi makanan yang terdiri dari 10 potong Chicken McNuggets, kentang goreng ukuran sedang, dan minuman ukuran sedang bersama dengan cabai manis dan saus Cajun yang dikembangkan di McDonald's Korea.

Kolaborasi ini adalah bagian dari program menu tanda tangan selebriti McDonald's. BTS Meal akan diluncurkan pada tanggal yang berbeda tergantung pada wilayahnya.

Semua dimulai dengan Amerika Serikat dan Korea Selatan pada 26 Mei dan 27 Mei. Dan di Indonesia sendiri, BTS Meal diluncurkan pada 25 Juni 2021. Hal ini tentu saja mendapatkan respon yang sangat ramai dari penggemar BTS atau ARMY.

Responnya BTS Meal di Berbagai Negara:

Promo besar-besaran melalui BTS Meal yang dilakukan salah satu restoran cepat saji, McDonald's, ini, menimbulkan kerumunan orang di banyak gerai.

Tidak hanya di Jakarta, peluncuran BTS Meal di gerai McDonald's Tangerang juga menimbulkan kerumunan hingga ricuh. Seperti di gerai McDonald's kawasan Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, terjadi aksi protes dari puluhan ojek online. Hal tersebut dikarenakan lambatnya pelayanan yang diberikan oleh pihak McDonald's.

Sejumlah gerai restoran cepat saji McDonald's (McD) di Bogor juga diserbu ratusan driver ojek online yang ingin membeli pesanan menu promo BTS Meal. Akibatnya, sejumlah gerai McD di Bogor terjadi kerumunan.

Selain itu, Sejumlah pengemudi ojek online atau ojol sempat ricuh di gerai McDonald's Duren Sawit, Jakarta Timur. Hal ini karena dipicu lamanya mengantre menu BTS Meal.

Kericuhan di gerai tersebut karena mengantre menu BTS Meal dibenarkan oleh Kapolsek Duret Sawit Kompol Rensa Sastika Aktadiva.

"Itu karena mereka sudah mengantre tiga sampai empat jam," kata Rensa, Rabu (8/6/2021).

Karena ramainya ojol yang mengantre untuk memesan menu BTS Meal tersebut, pihaknya pun membubarkannya.

Rensa menuturkan, saat ini situasi sudah kondusif. Dirinya pun menegaskan, akan memanggil pihak pengelola McDonald's yang menyajikan menu BTS Meal tersebut.

"Kami mau tanya, ini persiapannya gimana? Kok bisa sampai ada kerumunan begini," jelas Rensa.

Nugget BTS Meal Dilelang ARMY Asal Amerika Serikat

Seorang penggemar BTS menjual nugget ayam yang menyerupai karakter dari Among Us seharga US$ 99,997 atau setara Rp 1,4 juta di Amerika Serikat.

Bulan lalu, makanan BTS McDonalds yang sangat dinanti-nantikan diluncurkan di berbagai belahan dunia, termasuk AS dan India.

Seorang penggemar grup K-pop membeli makanan dan menemukan nugget ayam yang menyerupai karakter dari Among Us, sebuah video game.

Mengingat popularitas grup musik itu, orang tersebut melelang nugget itu di eBay pada 28 Mei 2021.

Lelang dimulai dengan harga US$ 0,99. Penawaran naik menjadi US$ 14,9 dan akhirnya berakhir mendekati US$ 100, dengan 184 orang melelang nugget tersebut.

ARMY Malaysia Cuci dan Jemur Bungkus BTS Meal

Malaysia adalah negara Asia pertama di antara 49 negara di dunia yang meluncurkan BTS Meal, mengungguli Singapura, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan bahkan Korea Selatan.

Terlepas dari pandemi yang sedang berlangsung, penggemar BTS telah mengantri secara langsung serta 'merusak' aplikasi pengiriman McDonald dan layanan pengiriman online.

Salah satu penggemar BTS di Malaysia bahkan bikin heboh setelah kemasan BTS Meal yang sudah digunakan dicuci, dikeringkan, bahkan dibingkai dan dipajang di dinding rumah.

Yunani Jadi Negara Pertama

Makanan tersebut memulai debutnya di Yunani pada 27 Mei 2021, dan banyak penggemar grup bergegas untuk membelinya.

Versi Yunani dari produk ini memiliki sembilan Chicken McNuggets, kentang goreng besar dan Coke, Cajun dan saus cabai manis.

Antrean Panjang di Vietnam

Anh Bui di Vietnam mengatakan, antrean panjang muncul bahkan sebelum toko dibuka pada hari peluncuran BTS Meal di negaranya.

Layanan pengiriman McDonald's juga mogok untuk sementara waktu karena terlalu banyak pesanan, tetapi dia mendapatkannya. Dia bilang dia suka kemasannya yang cantik.

Seorang pengguna bernama glossbae93 yang juga tinggal di Vietnam mengatakan bahwa dia merekomendasikan makanan tersebut, terutama kemasannya yang berwarna ungu. Dia mengatakan McDonald's Vietnam menjual lebih dari 10.000 makanan dalam satu hari.

Ada Item yang Tak Tersedia di Luar Korea

Seorang warga Amerika dengan ID pengguna mnmtwinz mengatakan makanan edisi BTS Meal memiliki item yang tidak tersedia di luar Korea.

Akun Im_urdaisy Kanada dari Vancouver memuji kombinasi lezat dari dua saus dan kemasan ungu.

Maria Lappas, seorang ekspatriat Yunani di Australia, mengatakan bahwa dia menyukai saus cabai manis dan saus Cajun karena itu adalah sesuatu yang baru dan menambahkan rasa ekstra lezat.

Produk BTS Meal yang Dikeluarkan di Indonesia Dengan Mcd di Negara Lain:

Perbedaan menu BTS Meal ini, terletak pada jumlah McNuggets yang diberikan.

Sebagaimana diketahui, di beberapa negara lain Menu kolaborasi BTS Meal ini terdiri atas 10 potong Chicken McNuggets, saus Cajun dan Sweet Chili, Medium Fries, serta dilengkapi dengan Cola.

Namun, untuk di Indonesia sendiri pada menu BTS Meal hanya akan mendapatkan 9 potong Chicken McNuggets.

“Setiap pembelian The BTS Meal, berisi 9pcs Chicken McNuggets, Saus Sweet Chili dan Saus Cajun, Medium Fries, dan Medium Drink,” ujar McDonald’s, Kamis (10/6/2021).

Meski detail menunya sedikit berbeda, tetapi untuk menu BTS Meal yang lain masih akan sama dengan di negara lain.

Animo Para Army di Dunia Terkait BTS Meal:

(Ardi-Tangerang)

"Kalau rasa kolanya biasa aja selaiknya rasa kola. Kentangnya, ya begitu kayak kentang McDonald's nggak ada yang beda. Nuggetnya agak beda sih sama nugget McDonald's yang agak kopong (tidak isi penuh). Nah nugget ini padet,"

"Kalau saus cajun-nya, OMG aku suka enak kek mo meninggal, ngingetin kayak makan salad. Tapi untuk sweet chili-nya sumpah aneh banget, aku nggak suka, kayak asem-asem gimana gitu. Enakan cajun ke mana-mana."

(DA-Bekasi)

"Jadi pas dateng sayang banget udah adem nggak kriuk lagi kentangnya. Terus nuggetnya kayak dilapisi telur luarnya bukan yang kriuk gitu luarnya. Kolanya juga kayak yang di McDonald's biasa aja,"

"Nah, katanya kan yang beda di edisi BTS Meal ini sausnya, jadi pas cobain varian Sweet Chili paling duluan, kirain bakal pedas manis tapi malah aneh banget, terus pas kebanyakan aku malah enek, kurang suka. Tapi varian Cajun-nya enak legit gitu gurih dimakan bareng nugget,".

 (Nisha-Bogor)

"Jadinya isinya kan nugget 9 nih yah. Rasanya seperti nugget biasanya aja, terus kentangnya karena udah nggak panas alot aja gitu,"

"Sweet chili-nya gue kaga suka rasanya asem gitu, kagak sesuai selera. Tapi cajun enak, colanya yah seperti minum cola aja kan. Emang ngincer kemasannya aja jujur. Pengen gue jual rasanya."

 (Tiara-Bekasi)

"Sebenarnya ini basic meal banget, cuma kentang dan nuggets yang sebenarnya bisa dibeli kapan saja (tidak harus menunggu BTS Meal). Tapi karena ada tambahan saus cajun dan sweet chili memang jadi menambah rasa. Tapi lebih suka yang cajun sih karena ada citarasa asam gitu kalau yang sweet chili terlalu manis,".

"Packingnya standar, bisa rusak juga kalau enggak langsung dicuci. Tapi MCD kasih paperbag terpisah di tempat plastik gitu jadi bisa disimpan buat yang emang pengen koleksi. Aku ARMY, tapi enggak berniat juga sih nyimpen-nyimpan bungkus kayak gini karena kurang berkesan aja kalo cuma packaging,"

"Padahal kalau disertai bonus kayak merchandise Happy Meal pasti lebih menarik. Photocard, misalnya. Itu lebih asyik buat dikoleksi,".

(Tasha-Bandung)

"Sebenernya aku bukan ARMY. aku beli ini buat keperluan kerjaan aja, untuk review biar tahu rasanya kayak apa dan dapat pengalamannya. menunya sebetulnya kan sama dengan menu McDonald's biasa, perbedaannya di sambal (dan packaging sama bonusnya),"

"Dari dua sambal yang ada, aku kurang suka yang cajun rasanya aneh banget buat aku. Lebih suka sweet chilli agak mirip sambal Thailand gitu ya, tapi tetap milih sambal (McDonald's) biasa aja sih, hehe."

(Asti- Jakarta)

Gue beli langsung drive thru, mana pake motor orang kantor juga. Sausnya sebenernya menarik soalnya gue liat di US ngomongin si saus ini. Ini gue ngomong bukan penggemar BTS tapi penggemar mcnugget please memang FOMO aja si g*bl*9. Kalo yang sweet chilli sauce itu kurang spesial. Tapi yang cajun sauce ini, okelah.

Kalau disuruh beli lagi gue mau-mau aja karena rasa sausnya, dan gue emang penggemar mcnugget. Tapi kalo ngantri kayak gini, mungkin gak usah. Tapi siapa tau McD mau bikin continuity yang cajun sauce ya gak apa-apa.

Bungkusnya gue kasih yang suka BTS soalnya bahannya gak spesial juga, ini pure hanya untuk yang ngefans aja kayaknya, bukan yang functional bisa dipake lagi. Dsy11