Buah Bit Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 13:17 WIB

Buah Bit Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

i

Buah bit untuk kesehatan. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menambah asupan nutrisi harian dengan buah dan sayuran juga penting untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran tubuh. Selain sumber vitamin, buah dan sayuran juga kaya mineral dan serat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah buah bit yang merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Buat bit memiliki kandungan zinc yang tinggi. Zinc merupakan mineral penting yang sangat dibutuhkan pada masa pandemi. Kekurangan zinc dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Sifat antiviral dalam zinc dapat melawan infeksi virus serta memperbaiki sel imun dalam tubuh.

Tak hanya kaya akan kandungan zinc, buah bit juga mengandung karbohidrat dan kandungan kalori yang cukup rendah. Karena alasan inilah mengapa buah bit berkhasiat untuk menambah energi tubuh dan juga stamina agar bisa beraktivitas seharian. 

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C nya juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam kata lain, selain menjadi sumber energi dalam tubuh dan menjaga stamina agar tetap fit, buah bit juga mampu menangkis bakteri dan juga virus penyebab penyakit.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Jadi, buah bit ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang merasa mudah capai ataupun yang rentan terserang penyakit.  

Selain itu, buah bit juga mampu meningkatkan imun untuk menangkal karsinogen yang merupakan zat berbahaya dalam tubuh yang menjadi pemicu utama munculnya sel kanker. Saat sel kanker sudah terlanjur muncul dan membesar, tubuh akan menjadi lebih sulit untuk melakukan proses biologisnya.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Hal tersebut dapat memicu munculnya masalah kesehatan yang serius dan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi zat karsinogen ini adalah dengan mengonsumsi buah bit yang mengandung fitonutrien. 

Jadi, tubuh bisa secara alami menghentikan proses endapan zat karsinogen yang dapat menjadi sel kanker dan mengancam keselamatan. Buah bit juga dapat memberikan nutrisi yang disebut betalains yang berperan untuk mendorong tubuh dalam memproduksi enzim yang mampu menghambat pembentukan sel kanker. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU