Buka East Java Infestival 2022, Gubernur Khofifah Berharap Tumbuh Gairah Investasi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 15 Sep 2022 10:46 WIB

Buka East Java Infestival 2022, Gubernur Khofifah Berharap Tumbuh Gairah Investasi

i

Pembukaan EJI 2022 oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Convention Hall Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (14/8/2022). Foto: SP/Ariandi Kusuma

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa membuka peresmian acara East Java Investival (EJI) 2022 yang digelar di Convention Hall Tunjungan Plaza Surabaya, Rabu (14/9/2022). Acara ini dihadiri oleh 300 orang yang terdiri dari jajaran wali kota-bupati serta para mitra perusahaan besar maupun kecil se-Jawa Timur.

Acara yang rutin tiap tahun diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jatim ini merupakan bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam meningkatkan investasi perekonomian dengan menarik investor dari dalam atau luar negeri. EJI 2022 akan berlangsung selama 3 hari hingga tanggal Jum’at (16/9/2022) mendatang

Baca Juga: Ajak Masyarakat Berolahraga dan Bersenang-senang, AKG Entertainment Gelar Pokemon Run 2024 di Surabaya

Kegiatan dibuka dengan pertunjukan yang dibawakan oleh tiga penari bernegara asing dari 3 negara berbeda seperti Rusia, Jerman, dan Jepang. Selanjutnya, dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Kadis DPMPTSP, Aris Mukiyono.

Serangkaian acara yang telah dipersiapkan di antaranya penandatangan perjanjian MoU, Fashion Show Kain Tenun, Penghargaan Duta Investasi, dan acara musik akbar di akhir acara.

Gubernur Khofifah berharap East Java Investival 2022 akan semakin menggaungkan nama Jawa Timur sebagai primadona investasi di Indonesia. Hal itu juga sebagai upaya mendorong gairah investasi di Provinsi Jatim.

Khofifah menilai bahwa kinerja investasi ini memiliki pengaruh yang kuat terhadap pertumbuhan ekonomi di Jatim. Sehingga, Jatim mampu melakukan upaya pemulihan ekonomi yang cepat.

Orang nomor satu di Jatim tersebut optimis, dengan meningkatnya kinerja investasi akan selaras dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Terutama, memberikan dampak signifikan pada penurunan kemiskinan dan pengangguran di Jatim.

“Selain menunjukkan potensi Jatim sebagai primadona investasi, seyogyanya EJI 2022 ini akan memberikan tetesan kesejahteraan bagi masyarakat,” pungkas Khofifah.

Baca Juga: Sandiaga Ajak REI Investasi di Labuan Bajo

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Khofifah juga mengungkapkan bahwa kunci untuk mengatur dan mengendalikan inflansi adalah keberhasilan kerja sama yang terjalin antardaerah.

“Bekerja sama dengan daerah harus bisa semaksimal mungkin. Karena ada daerah yang komoditas lebih unggul di bidang ini ada juga daerah yang rendah di komoditas ini. Maka kerja sama antardaerah menjadi kunci mengendalikan inflansi,” ujar Khofifah.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKBM RI, Imam Soejoedi mengatakan perekenomian Indonesia di tahun 2022 berada di persentase inflansi yang tidak begitu buruk.

“Sebenarnya persentase inflansi Indonesia di tahun 2022 tidak begitu buruk, masih di bawah lima persen dibandingkan dengan negara-negara lain,” tutur Imam.

Baca Juga: Terima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha Presiden RI, Khofifah: Penghargaan Ini di Persembahkan Untuk Warga Jatim

Imam melanjutkan, Indonesia menjadi negara pertama di ASEAN yang mendapatkan investor pembuatan baterai mobil listrik dari LG Enerrgy Solution di tahun 2022.

“Tahun ini Indonesia berhasil menjadi negara pertama di ASEAN yang mendapatkan kerja sama investor pembuatan baterai mobil listrik,” tandasnya.

Tentunya dengan keberhasilan ini akan membawakan dampak yang baik untuk beberapa badan usaha miliki negara seperti Pertamina, Mind Id, PLN, dan juga pengusaha nasional di daerah.

Sebagai informasi, pada EJI 2022 digelar seminar dan pameran forum bisnis. Selain itu, juga diadakan kegiatan memberikan layanan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi UMKM Jawa Timur yang terbuka untuk masyarakat umum. NIB berfungsi bagaikan KTP bagi seorang pengusaha yang berarti, dengan adanya NIB maka sebuah usaha telah memiliki identitas yang jelas di pemerintahan. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU