Bulan Padat Karya, DPRD Surabaya Mengapresiasi dan Mengoreksi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 16 Mar 2022 17:44 WIB

Bulan Padat Karya, DPRD Surabaya Mengapresiasi dan Mengoreksi

i

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono . SP/ALQ

SURABAYAPAGI,Surabaya -  DPRD Surabaya mengapresiasi upaya akselerasi pertumbuhan ekonomi di Surabaya, oleh pemerintah kota dimasa PPKM Level 2. Akselerasi pertumbuhan ekonomi tersebut seiring dengan dicanangkannya Bulan Maret sebagai Bulan Padat Karya.

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, program padat karya sudah direncanakan DPRD Surabaya dan Pemkot Surabaya sejak pembahasan perubahan APBD tahun 2021. "Namun waktu itu pemerintah kota belum siap. Baru di tahun 2022 ini dilaksanakan komitmen bersama tersebut," jelasnya pada Selasa (15/3).

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Adi menjelaskan, tujuan pokok program padat karya adalah untuk memberdayakan SDM warga Surabaya. "Ini untuk menyerap tenaga kerja warga Surabaya sehingga mengurangi pengangguran dan menumbuhkan daya beli masyarakat," terangnya.

Menurut Adi, pemerintah kota saat ini tengah menyusun skema program tersebut. "Nanti kalau sudah diterapkan ke masyarakat akan terasa impactnya. Mana yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yg perlu dilakukan endorsing," ujarnya.

Ketua DPC PDIP Surabaya tersebut menekankan DPRD punya komitmen tinggi memperkuat pertumbuhan umkm di surabaya. Terutama sektor ekonomi kecil, menengah, mikro dan super mikro.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Komitmen tersebut dituangkan dalam 3 fungsi DPRD. Yaitu fungsi budgeting dan legislasi yang diwujudkan dalam kebijakan anggaran yang disusun di APBD 2022 

"Dprd juga melakukan pengawasan sejauh mana program tersebut dijalankan secara efektif oleh pemerintah kota Surabaya," imbuh Adi.

Adi kembali menekankan, kalau pemerintah bisa menjalankan program tersebut dengan baik, maka patut mendapat apresiasi.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

"Namun kalau tidak bisa berjalan, kita berikan input pandangan atau kritikan dan koreksi sesuai fungsi DPRD dibidang pengawasan," pungkasnya. Alq

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU