Bulog Banyuwangi Jamin Stok Beras Aman Sampai Lebaran

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Feb 2023 09:25 WIB

Bulog Banyuwangi Jamin Stok Beras Aman Sampai Lebaran

i

Beras Medium Bulog. Foto: Kumparan.

SURABAYAPAGI.COM, Banyuwangi - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Banyuwangi menjamin ketersediaan beras aman menjelang bulan puasa Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pemimpin Bulog Banyuwangi Harisun menyatakan bahwa persediaan beras medium per 23 Februari 2023 mencapai 2.105 ton. Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir lantaran stok beras dinilai sangat aman untuk kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan hingga Lebaran.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Halalbihalal Bersama Penyandang Disabilitas

“Stok beras di Bulog Banyuwangi aman. Kami imbau masyarakat tak perlu resah karena persediaan beras bisa untuk sembilan bulan ke depan,” kata Harisun, Jumat (24/2/2023).

Secara rinci, beras sejumlah 2.105 ton tersebut terdiri dari 805 ton beras di Gudang Bulog dan 1.200 ton beras dari Bulog Jatim yang saat ini masih dalam perjalanan. Jumlah tersebut juga akan bertambah mengingat adanya panen raya pada bulan maret mendatang.

"Stok beras Bulog Banyuwangi akan terus bertambah karena pada Maret petani mulai panen dan kami siap untuk menyerap hasil panen padi di Banyuwangi," ujarnya.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Sidak MPP Pasca Libur Lebaran

Menurutnya, Bulog Banyuwangi memang meminta tambahan beras ke Bulog Jatim sebagai upaya antisipasi untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat khususnya beras menjelang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Lebih lanjut, Harisun menambahkan, stok bahan pokok lainnya jelang Ramadhan dan Lebaran juga disiapkan Bulog Banyuwangi seperti minyak goreng sebanyak 121.000 liter, gula pasir 19.700 kilogram dan tepung 3.100 kilogram.

“Untuk minyak goreng yang ada di gudang 21.000 liter, sedangkan 100.000 liter juga masih dalam perjalanan,” tuturnya.

Baca Juga: 130.554 Orang Menyeberang ke Pelabuhan Gilimanuk

Sementara itu, Bulog dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi telah rutin menggelar operasi pasar beras murah sejak tanggal 13 hingga 28 Februari 2023. Operasi pasar beras murah tersebut merupakan upaya pengendalian inflasi seiring melonjaknya harga beras di pasaran.

Dalam operasi pasar tersebut, Bulog menyediakan 10 ton beras per titik. Sehingga total beras yang dipasok mencapai 70-100 ton per hari sesuai dengan jumlah lokasinya. Adapun beras kualitas medium dijual Rp9.000 per kilogram dalam kemasan 5 kilogram dan 10 kilogram. bny

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU