Bupati Anas Berikan 303 Beasiswa Mahasiswa Ditengah Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Des 2020 11:02 WIB

Bupati Anas Berikan 303 Beasiswa Mahasiswa Ditengah Pandemi

i

Bupati Anas saat memberika Beasiswa Banyuwangi Cerdas kepada salah satu mahasiswa. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi kembali menyalurkan beasiswa Banyuwangi Cerdas kepada 303 mahasiswa dan rangka bagian dari upaya Pemkab untuk peningkatan daya saing SDM Banyuwangi. Beasiswa kali ini selain diberikan pada mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu juga diberikan kepada mahasiswa dari keluarga yang terdampak Covid-19, Kamis (3/12/2020).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjelaskan, bahwa program beasiswa Banyuwangi Cerdas telah diluncurkan sejak 2011 bagi anak-anak muda berprestasi dari keluarga kurang mampu, yatim piatu, dan para penyandang disabilitas berprestasi.

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Halalbihalal Bersama Penyandang Disabilitas

"Lewat program ini, Banyuwangi memberikan akses bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk melangkah ke bangku perguruan tinggi. Sejak diluncurkan, tak kurang 1.800 anak muda yang mendapatkan program ini. Anggaran yang dikucurkan total sudah mencapai Rp 26,25 miliar," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Anas juga berpesan agar para mahasiswa menjadi agen perubahan yang terus membawa semangat optimisme bagi generasi penerus bangsa.

"Semoga beasiswa ini bisa menjadi pendorong para mahasiswa untuk terus berprestasi. Optimisme dan spirit berinovasi ini harus selalu dijaga oleh generasi muda seperti kalian. Di tangan kalian masa depan daerah dan bangsa ini ditentukan," kata Anas di hadapan ratusan penerima beasiswa.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno menjelaskan, hingga tahun 2020 total dana yang dikucurkan program beasiswa Banyuwangi Cerdas mencapai Rp 26,25 miliar.

Baca Juga: Polisi Razia Pedagang Petasan di Banyuwangi

Dia lalu merinci 303 penerima tersebut terbagi dalam tiga kelompok. Pertama, dari jalur masuk ke kampus yang menekan kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi ada 85 orang. Pemkab sendiri telah melakukan kerja sama dengan empat perguruan tinggi negeri di Indonesia.

"Mereka mendapatkan beasiswa uang kuliah selama delapan semester (4 tahun) dan biaya hidup selama menempuh studi," kata Suratno.

Kategori dua adalah mahasiswa yang telah menempuh kuliah dan mengajukan beasiswa. Total, pada tahun ini disetujui 96 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini dari hasil verifikasi persyaratan.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

Sedangkan kategori ketiga, kami berikan khusus tahun ini untuk 122 mahasiswa dari keluarga yang terdampak Covid-19. Jalur ini khusus bagi mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi di Banyuwangi. Dsy9

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU