Bupati Fadeli Cek Kondisi Bendungan Babat Barrage

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 08 Nov 2020 16:38 WIB

Bupati Fadeli Cek Kondisi Bendungan Babat Barrage

i

Bupati bersama Kapolres dan Dandim saat melihat langsung bendung gerak Bengawan Solo di Desa Kendal Kecamatan Sekaran Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI, Lamongan - Bupati Fadeli bersama dengan Kapolres dan Dandim 0812 Lamongan melakukan pengecekan terhadap bendungan gerak Babat Barrage yang ada di Desa Kendal Kecamatan Sekaran Lamongan.

Pengecekan bendung gerak Bengawan Solo ini dilakukan oleh Fadeli, dalam mengantisipasi musim hujan yang belakangan sudah mulai turun. 

Baca Juga: Kurang Konsentrasi, Truk Tabrak Tronton

Bahkan seperti disampaikan oleh Fadeli, tahun ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprediksikan peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia sebagai akibat anomali iklim La Nina. 

Untuk mengantisipasi potensi bencana hidrometeorologi karena tingginya curah hujan, setiap daerah perlu mempersiapkan diri dari berbagai kemungkinan yang bisa terjadi.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

"Kesiapan di Babat barrage ini berjalan dengan baik, aman, dan lancar. Kondisi air saat ini masih berada di bawah normal, di bawah hijau, yakni 4.75 meter," ungkap Fadeli.

Batas siaga di Babat barrage sendiri meliputi hijau (siaga I) dengan ketinggian air 6.5 meter, kuning (siaga II) ketinggian air 7 meter, dan merah (siaga III) ketinggian 7.5 meter. 

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Bupati Lamongan menghimbau agar harus adanya satu kesatuan antara hulu dan hilir, kapan saatnya air dibuang ke laut atau ke Sembayat, serta kapan pintu bendungan Sembayat dibuka, itu harus menjadi satu kesatuan. Sehingga dengan demikian, air dapat terkontrol, bencana pun dapat diantisipasi serta pasokan air yang dibutuhkan akan tetap terpenuhi.

Pintu Babat barrage baru dibuka 2 dari 8 jumlah pintu keseluruhan. Dibuka 50 cm dengan kapasitas 15 meter kubik per detik. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU