Bupati Gus Muhdlor-Walikota Eri Cahyadi Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Aglomerasi Surabaya Raya Menuju Level 1

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Sep 2021 14:16 WIB

Bupati Gus Muhdlor-Walikota Eri Cahyadi Kolaborasi Percepatan Vaksinasi Aglomerasi Surabaya Raya Menuju Level 1

i

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berangkatkan mobile vaksinasi Covid-19. 

SURABAYAPAGI, Sidoarjo – Percepatan vaksinasi wilayah aglomerasi Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik) menuju level 1 tengah dilakukan Bupati Sidoarjo dan Walikota Surabaya. Kolaborasi dua kepala daerah itu juga untuk memulihkan aktivitas ekonomi wilayah aglomerasi Surabaya Raya. Kerjasama itu ditandai dengan pelepasan 22 unit Mobil Gerai Vaksin oleh Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi di GOR Sidoarjo, Selasa (21/9/2021).

 22 unit mobil gerai vaksin milik Pemkot Surabaya dan Polrestabes Surabaya itu sudah dilengkapi dengan tenaga kesehatan (Nakes). Pelayanan mobile vaksin di Sidoarjo targetnya sampai terpenuhi 70 persen mendapatkan vaksin dosis pertama dari 1,6 juta sasaran. Dalam beberapa hari kedepan puluhan mobil vaksin itu akan keliling di 18 kecamatan melayani vaksinasi masyarakat. 

Baca Juga: Surabaya Siapkan Skema Pengembangan Langgar Gipo

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mencatat capaian vaksinasi di kota Delta sudah mencapai 76 persen, meliputi 48 persen dosis pertama dan 28 persen dosis kedua. Percepatan vaksinasi di Sidoarjo masuk rangking tiga di Jawa Timur. Target dari pemerintah pusat melalui Inmendagri No. 42 Tahun 2021 menetapkan indikator untuk menuju level 1 cakupan vaksinasi 70 persen dosis pertama.   

“Sebelum adanya inmnedagri yang baru, status Sidoarjo sudah level 1. Tetapi ketika ditambahkan nilai ini percepatan vaksinasi kita masih ikut level 3. Sekarang sudah 48 persen tinggal 1,3 persen lagi sudah level 2. Tetapi target kita bersama (Sidoarjo, Surabaya dan Gresik)wilayah aglomerasi ini targetnya menjadi level 1,” terang Bupati Gus Muhdlor.

“Pointnya dari pertemuan ini adalah kolaborasi – kerjasama kepala daerah Surabaya Raya ini adalah harga mati, sehingga herd immunity segera tercapai. Kalau kemudian tidak bersama-sama juga percuma karena arus mobilisasinya pengaruh juga, termasuk juga dari segi pemulihan ekonomi,” ucapnya.

 Pemulihan ekonomi tambah Bupati Gus Muhdlor berkaitan dengan izin serta pelaksanaan kegiatan usaha terutama izin penyelenggaraan acara. Seperti pembukaan Bioskop, usaha event organizer dan sebagainya. 

“Tujuan sebenarnya percepatan vaksinasi menuju level 1 ini adalah untuk menggerakkan ekonomi di masyarakat. Kerja ini adalah kerja bareng-bareng untuk dinikmati bersama-sama,” kata Bupati Sidoarjo. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Upayakan Seluruh UMKM Mamin Miliki Sertifikasi Halal

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan percepatan vaksinasi adalah salah satu syarat untuk menentukan level 1,2 atau 3. Agar Surabaya Raya bisa level 1 maka ketiga daerah itu masing-masing harus memenuhi target percepatan vaksinasi.

 “Kita kolaborasi melakukan percepatan vaksinasi daerah aglomerasi Surabaya Raya itu saya katakan seperti badan. Kalau satu sakit maka semuanya jadi sakit, karena itu Surabaya Raya ini tidak bisa dipisahkan, “ jelas Wali Kota Surabaya Eri.

 “Kita seperti saudara, kolaborasi menyelesaikan aglomerasi ini secara bersama-sama. Karena Surabaya tidak akan bisa berkembang tanpa adanya Sidoarjo, Sidoarjo tidak bisa berkembang tanpa Gresik dan Surabaya. Surabaya Raya ini sudah satu kesatuan yang utuh tidak bisa dipisahkan,”katanya. 

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

Wali Kota Eri menyampaikan vaksinasi di kota Surabaya sudah mencapai 100 persen, menurut Eri adanya mobil vaksin sangat membantu dalam percepatan vaksinasi. Karena dalam sehari satu mobil bisa melayani sampai 500 orang.

 “Satu mobil ada petugas screening dan vaksinasi. Kalau di Surabaya satu mobil dalam sehari bisa melayani sampai 500 orang, kalau sampai sore bisa sampai 1.000 orang. Bayangkan kalau ada 22 mobil anggap saja satu mobil melayani sekitar 500 -700 orang tinggal dikalikan saja dalam sehari sudah berapa ribu orang yang sudah divaksin. Sehingga percepatan vaksinasi bisa kita lakukan,” terang Wali Kota Eri. 

 Setelah target vaksinasi di Sidoarjo terpenuhi, sasaran berikutnya adalah kabupaten Gresik. Dua kepala daerah itu, Gus Muhdlor dan Eri Cahyadi komitmen kedepannya akan melanjutkan kolaborasi. Sg

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU