Bupati Gus Yani Pilih Achmad Washil Jadi Sekda Gresik

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat melantik Achmad Washil sebagai Sekda Gresik yang baru. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Achmad Washil Miftahul Rachman untuk menduduki jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik. Washil dilantik Kamis sore (30/09) oleh Bupati Gresik.

Sebelumnya Achmad Washil adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) yang diembannya sebulan lalu. Kemudian dia mengikuti seleksi jabatan sekda bersama tujuh pejabat senior lainnya. Pada tahap lima besar hingga tiga besar, nama Washil selalu lolos penjaringan. Sehingga akhirnya dia dipilih untuk menduduki jabatan tertinggi birokrasi di lingkup Pemkab Gresik.

Pria yang mengawali karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) sejak 1998 ini juga pernah menduduki jabatan eselon II-B, yakni sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Gresik.

Dalam sambutannya, Gus Yani -sapaan akrab Bupati Gresik- meminta kepada Achmad Washil yang baru saja dilantiknya untuk langsung tancap gas bekerja dan membangun sinergi yang baik antar-OPD yang ada. 

“Kita dukung bersama Pak Washil sebagai sekda baru.  Saya berharap Pak Washil mampu mengharmonisasi seluruh peran kepala OPD, membentuk team work yg kuat, demi mewujudkan Gresik Baru yang bermanfaat,” ujar Bupati Yani.

Hal itu, menurut Bupati Yani, diperlukan karena di era pandemi saat ini semua OPD harus bergotong royong untuk menghadapi tantangan yang ada. “Tidak ada artinya kalau Sekda tidak disupport oleh kepala OPD, karenanya butuh gotong royong, karena di masa pandemi ini tugas kita berat,” sambung Gus Yani.

Disamping itu, Gus Yani juga mengucapkan terima kasih kepada panitia seleksi dan seluruh kandidat yang sudah mengupayakan seluruh rangkaian kegiatan seleksi bisa berjalan rapi dan profesional.

Sebagai informasi, dasar pelantikan Sekretaris Daerah hari ini dikarenakan jabatan Sekretaris Daerah definitif sudah lama kosong, sedangkan untuk tugas sehari-hari sementara diemban oleh Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno selaku Pj. Sekretaris Daerah. 

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil bahwa pengisian JPT Pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan atau lebih dikenal dengan seleksi terbuka.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Sekretaris Daerah hari ini, merupakan puncak dari rangkaian kegiatan penjaringan yang diawali dari pembukaan pendaftaran pada tanggal 3 September 2021 lalu. Selanjutnya diadakan berbagai seleksi, baik seleksi kompetensi, rekam jejak, kesehatan, hingga wawancara akhir yang dilakukan oleh panitia seleksi.