Bupati Gus Yani Sambangi Masyarakat Terdampak Banjir Kali Lamong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Mar 2021 12:43 WIB

Bupati Gus Yani Sambangi Masyarakat Terdampak Banjir Kali Lamong

i

Bupati Gus Yani membagikan sembako kepada warga terdampak banjir luapan Kali Lamong. SP/ M. AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani yang akrab disapa Gus Yani sejak sore sampai malam, Senin (15/3/2021) melakukan kunjungan ke beberapa wilayah terdampak banjir di Gresik Selatan.

Pada kunjungan tersebut, Gus Yani didampingi kepala BPBD Gresik Tarso Sagito. Setidaknya ada tiga lokasi terdampak banjir yang dikunjungi, yaitu Dusun Sambiroto, Desa Balongpanggang, Kecamatan Balongpanggang, Desa Karangan Kidul, Kecamatan Benjeng dan Desa Guranganyar, Kecamatan Cerme.

Baca Juga: Dinkes Gresik Beri Pelayanan Keliling Bagi Warga Bawean

Dalam keterangannya, Gus Yani mengatakan bahwa pihaknya merasa prihatin dengan keadaan banjir yang datang rutin tiap tahun. Dia sudah menyiapkan langkah, baik langkah penanganan jangka pendek maupun jangka panjang.

“Untuk jangka panjang kami telah menyiapkan pembebasan jangka panjang. Tahun ini kita awali progres pebebasan lahan. Anggarannya telah digedok oleh DPRD sebesar Rp 50 miliar. Penentuan lokasinya sudah disiapkan, dimana apabila sudah ada yang siap akan segera dibebaskan,” katanya.

Untuk program jangka pendek, Bupati menunggu Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Pemerintah Daerah dengan Balai Besr Wilayah Sungai  (BBWS). Dalam Mou ini ada pemberian kewenangan untuk menormalisasi sedimentasi Kali Lamong.

Baca Juga: Polri TNI Berangkatkan Tim Trauma Healing untuk Korban Gempa Bawean

“Kita butuh MoU ini agar kita tidak disalahkan di kemudian hari. Setelah ada MoU kita tandatangani, kami akan mengerahkan alat berat untuk segera menormalisasi Kali Lamong,” tandasnya.

Selain melakukan kunjungan pada titik lokasi banjir di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng  dan Cerme, Bupati juga menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak.

Baca Juga: Pemkot Batu Kirim Bantuan untuk Korban Banjir di Jateng

Kepada Bupati, Camat Balonganggang Yusuf Ansori mengatakan bahwa banjir saat ini cukup merata, biasanya banjir terjadi di wilayah Balongpanggang bagian selatan saja, namun kali ini banjir juga melanda wilayah Balongpanggang bagian utara mulai dari Desa Klotok, Wahas, Kedungdung dan Desa Balongpanggang.

Sementara Camat Benjeng Suryo Wibowo mengaku senang dengan progres kebijakan yang disampaikan Bupati Gus Yani terkait Kali Lamong. Dia berharap ke depan Pemkab Gresik sukses dalam penanganan banjir sehingga masyarakat Benjeng tidak lagi  mengalami banjir akibat luapan Kali Lamong. did

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU