Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-729

Bupati Ikfina Mengajak Masyarakat Bersinergi Bekerja Keras untuk Bangkit dan Maju

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengajak seluruh masyarakat bersinergi bekerja keras untuk bangkit dan maju membangun Kabupaten Mojokerto ke arah yang lebih baik. 

Hal itu diucapkan Petinggi Pemkab Mojokerto saat memimpin upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-729, di Halaman Kantor Pemkab Mojokerto, Senin (9/5/2022).

 

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina mengatakan tema Peringatan Hari Jadi tahun 2022 ini adalah Bersama Bekerja Keras Untuk Bangkit dan Maju. Untuk itu, Ia berharap seluruh masyarakat bekerja keras bersama-sama untuk bangkit dan maju diera baru berdampingan dengan Covid 19.

"Sehingga terwujud Kabupaten Mojokerto yang Maju, Adil dan Makmur melalui Penguatan Infrastruktur dan Peningkatan kualitas Sumber daya Manusia," tegasnya.

Pemimpin perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini  menyebut, menghadapi konstelasi sosial, politik, ekonomi, hukum, serta keamanan dan ketertiban  dalam skala regional maupun nasional ke depan yang makin kompleks dan heterogen, maka diperlukan kesigapan untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang ada dalam masyarakat secara cepat, tepat dan akurat. 

"Namun demikian kita patut bersyukur bahwa  sampai saat ini kita telah berhasil menyikapi berbagai permasalahan dalam  penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan program pembangunan utamanya pembangunan infrastruktur, sarana  dan prasarana jalan, pasar, dan lain lain, sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto," ucapnya.

Untuk itu, lanjut Ikfina, melalui momentum Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke 729 pada tahun 2022 ini, perlu diformulasikan beberapa langkah dan strategi yang tepat dan akurat dengan dilandasi semangat kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan, serta keteladanan dan kearifan guna mensukseskan berbagai  program Pemerintah Kabupaten Mojokerto. 

"Untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan kualitas kerjasama yang harmonis dan sinergitas antara legislatif dan eksekutif, serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat (stakeholders) lokal dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan," harapnya.

Masih kata Ikfina, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Mojokerto telah membuahkan keberhasilan di berbagai bidang. Beragam penghargaan, baik tingkat provinsi maupun tingkat nasional berhasil diraih.

Diantaranya, Penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2021 dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Dinas Tenaga Kerja),

Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo, Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021 dari Kementerian Keuangan RI, Penghargaan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021, dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Juga ada penghargaan Kabupaten Mojokerto Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya, Penghargaan Penilaian Sistem Merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan raihan skor mencapai 263 atau berpredikat ‘Baik’, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2021 kategori Madya serta Penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik 2021 atas inovasi PERMEN SI MELA (Persalinan Aman, Siap, Sigap Melayani) dan Penghargaan Anugerah Meritokrasi 2021 dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), di Grand Ballroom Hotel Westin Surabaya dan Penghargaan TOP BUMD AWARDS 2022.

"Disamping berbagai prestasi tersebut, pada momentum Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ini telah dan akan kita resmikan secara simbolis beberapa proyek pelebaran ruas jalan Gumeng - Kemasantani dan Temuireng-Gunungan serta pembangunan Kantor Desa Kupang, Pembangunan Poli Eksklusif (Rumah Sakit Dr. Soekandar, Mojosari).

Dan juga peresmian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Alu Aksara Pratama, Perning, Kecamatan Jetis," jelasnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Perangkat Daerah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu mewujudkan berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

"Kami berharap melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke 729, kita jadikan sebagai momentum untuk lebih memacu diri dan lebih bersemangat dalam mengabdi dan membangun Kabupaten Mojokerto ke arah yang lebih baik," pungkasnya.

Hadir pada upacara ini, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarra, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhro, Jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari, Sekretaris Daerah Teguh Gunarko, Para Kepala OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto serta sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Mojokerto. Dwi